Yuk Ganti Garam dengan Lemon, Sama-sama Bikin Masakan Lezat Kok!

RESEP | 09 JULI 2017
SHARE
91

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA) asupan garam yang direkomendasikan adalah, tidak lebih dari 1,5 gram per hari atau sekitar setengah sendok teh. Sayang, fakta di lapangan justru menyebut jika kebanyakan orang rata-rata mengkonsumsi garam setidaknya 3,4 gram per hari.

Alasannya, kebanyakan orang enggan meninggalkan garam karena alasan makanan yang dikonsumsi jadi kurang lezat dan hambar. Lantas, adakah cara agar kita bisa mengurangi asupan garam tanpa harus mengorbankan rasa makanan?

Mengenai hal ini, dilansir dalam The Sun, American Heart Association (AHA) merekomendasikan kamu untuk memasak dengan cuka, lemon atau rempah-rempah lainnya, seperti lada dan kunyit. Alasannya, makanan asam cukup efektif untuk menguatkan dan melezatkan masakan.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan Sunkist Growers dan Johnson & Wales University di Providence, Rhode Island, yang menyebutkan jika konsumsi garam bisa dikurangi dengan hanya menambahkan air lemon dalam hidangan.

Dalam penelitiannya ini, Tim Peneliti meminta para koki untuk membuat resep dengan menggunakan ikan, ayam, daging sapi, sup, sayuran, salad dan biji-bijian.

Menariknya, para peneliti justru meminta para koki untuk mengontrol jumlah natrium dalam makan dengan mengurangi garam hingga 30 persen, 50 persen, 75 persen, dan tidak menggunakan garam sama sekali. Sebagai gantinya, para koki diminta untuk menambahkan jumlah air lemon dalam hidangan.

Hasilnya, ternyata para konsumen justru lebih memilih hidangan dengan pengurangan garam hingga 75 persen ketika makan sayuran, 50 persen pada saat menyantap ikan dan salad dressing, serta 30 persen pengurangan garam untuk hidangan ayam, biji-bijian, daging sapi dan sup.

Dengan kata lain, efek asam dari lemon cukup berpotensi untuk mengurangi asupan garam harian kita hingga 75 persen, atau bahkan tidak menggunakan garam sama sekali.

Dalam keterangannya, global Master Chef Karl Guggenmos, WACS, AAC, dari Johnson & Wales, menyebut jika hasil penelitian berhasil menunjukkan jika rasa dan kesehatan kadang tidak perlu dibuat sulit. Cukup dengan air lemon, semuanya bisa terhubung dengan sempurna.

Di sisi lain, keberanian mengurangi asupan garam efektif untuk menjaga sekaligus menurunkan risiko hipertensi, memelihara kesehatan jantung dan menjaga berat badan tetap ideal.

buah

Lifehacks!

komentar

0 komentar