Yuk Cegah Penuaan Dini dengan Rutin Makan Apel!

RESEP | 27 NOVEMBER 2017
SHARE
7

Bagi wanita, penuaan dini menjadi salah satu mimpi buruk yang tidak ingin dialami. Proses penuaan memang tidak bisa dihindari, karena hal tersebut merupakan perubahan yang secara alami akan dialami setiap manusia. Namun, gejala atau tanda yang datang terlalu awal bukan sesuatu yang bisa dipandang sebelah mata. Garis halus di sekitar mata hingga kerutan di wajah yang muncul di usia 20-30 tahun jadi sesuatu yang ditakutkan siapa pun—khususnya kaum Hawa.

Untuk mengantisipasinya, semua cara akan dilakukan. Dari olahraga, mengikuti program diet tertentu, menggunakan produk kecantikan mahal, sampai prosedur operasi plastik. Namun, tahukah Anda bahwa penuaan dini sebenarnya dapat dicegah dengan cara sederhana dan murah?

Antisipasi penuaan dini dengan mengonsumsi apel

Siapa yang tidak kenal apel? Buah berbentuk bulat dengan rasa manis-asam ini mempunyai manfaat melimpah untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin serta serat, apel ternyata dapat Anda gunakan sebagai penangkal alami penuaan dini.

Prof. Ahmad Sulaeman selaku Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) dari IPB menyatakan apel adalah salah satu buah yang kaya akan flavonoid dan antioksidan penolik. Jika Anda memotong apel jadi dua bagian dan membiarkannya terpapar udara, Anda pasti akan menemukan bagian apel yang berubah warna menjadi cokelat. Bagian itulah yang—tidak diketahui banyak orang—bersifat antioksidan.

Pada dasarnya, proses penuaan terjadi akibat oksidasi. Kemudian, menurut Ahmad, keberadaan dua senyawa tersebut akan sanggup menahan radikal bebas untuk kemudian dinetralkan kembali. Selain itu, mengonsumsi apel secara rutin pun akan menjaga kebugaran tubuh dan kebersihan kulit.

Berapa banyak apel yang harus Anda makan untuk menjaga kecantikan kulit sekaligus mencegah proses penuaan dini? Sesungguhnya, kata Ahmad, tidak ada batasan untuk mengonsumsi buah-buahan, tidak terkecuali apel, karena jenis makanan ini mengandung berbagai jenis gizi dan nutrisi.

Di sisi lain, Ahmad pun menganjurkan buat mengikuti saran dari WHO untuk mengonsumsi buah 5-7 kali sehari. Sementara konsumsi apel dapat dilakukan dengan cara apa pun. Namun untuk mendapatkan serat, konsumsi buah ini dengan cara dijus.

Makan apel memang tidak akan serta-merta membuat Anda awet muda. Ada banyak cara yang bakal mengoptimalkan pencegahaan penuaan dini. Antara lain mengatur asupan makan, olahraga, mengelola stres, hingga istirahat yang cukup supaya kulit sehat dan cantik.

apel awet muda

Lifehacks!

komentar

0 komentar