Segelas Jus Ceri Bisa Atasi Susah Tidur

RESEP | 13 NOVEMBER 2017
SHARE
7

Jika minum susu dan menghitung domba belum membantu Anda untuk tidur, berarti sudah saatnya Anda minum jus ceri. Sejumlah makanan sudah terbukti berkhasiat mendatangkan kantuk. Sebuah studi yang dilakukan tim dari Amerika mengungkap bahwa jus ceri mampu menambah porsi tidur seseorang sampai 1,5 jam setiap malamnya.

Khasiat jus ceri untuk membantu seseorang tertidur 

Riset yang dilaksanakan di Universitas Louisiana tersebut melibatkan sekelompok partisipan yang sudah lama menderita insomnia. Tim peneliti memberikan jus yang terbuat dari ceri Montmorency yang lantas diketahui mampu menahan produksi zat kimia di otak yang menyebabkan seseorang kesulitan terlelap di malam hari.

Buah berwarna merah ini pun sarat aprocyanidins dan antosianin—yang juga terdapat pada blueberry—yang sudah lama dikenal akan manfaatnya terhadap kesehatan. Salah satunya berhubungan dengan pengurangan inflamasi (peradangan). Jus ceri Montmorency dapat menurunkan kadar kynurenine dalam darah—zat yang selama ini dikaitkan dengan kurangnya jam tidur.

Sebelum riset dimulai, para partisipan diberikan survei berisi pertanyaan seputar kebiasaan tidur. Lantas, secara acak, mereka diberikan segelas jus ceri atau plasebo yang harus diminum dua kali sehari—tepat sebelum dan sesudah tidur. Dua pekan kemudian, partisipan yang minum jus ceri diberikan plasebo dan sebaliknya. Survei yang memantau pengaruh minuman terhadap pola tidur partisipan pun diberikan.

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan bahwa para partisipan yang minum jus ceri meningkatkan porsi tidur mereka sampai 84 menit. Efisiensi tidur mereka pun turut meningkat. Hasil riset ini setidaknya membuktikan bila jus ceri dapat kita manfaatkan untuk menangani masalah tidur.

Manfaat lain dari ceri untuk kesehatan hingga kecantikan

Bukan hanya membantu kita terlelap, ceri yang dikonsumsi secara rutin akan memberi manfaat seperti:

  • Membantu proses pengeluaran racun. Detoksifikasi sebenarnya dilakukan secara alami oleh tubuh, tetapi kita bisa membantunya dengan ceri tanpa harus memikirkan efek samping;
  • Mencegah asam urat. Antosianin pada ceri ternyata sanggup mencegah risiko asam urat dan secara tidak langsung menurunkan peluang peradangan sendi;
  • Meningkatkan gairah seksual. Bagi pasangan suami-istri, makan ceri yang dapat membantu meningkatkan gairah seksual berkat kandungan vitamin A dan vitamin C yang tinggi;
  • Meredakan nyeri otot. Sebuah riset dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa atlet lari yang minum jus ceri sebelum lari jarak jauh lebih sedikit mengalami nyeri otot daripada yang tidak;
  • Merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Antioksidan yang terdapar dalam ceri mengurangi gangguan kulit hingga penuaan dini. 

Demikian manfaat yang akan kita peroleh dari jus ceri. Pastikan juga kita mengolahnya dengan benar. Bila memungkinkan, jangan tambahkan gula atau pakai madu sebagai pemanis dalam segelas jus ceri.

jus ceri susah tidur

Lifehacks!

komentar

0 komentar