Sederet Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Bila Alami Cedera Olahraga

RESEP | 05 DESEMBER 2017
SHARE
8

Berolahraga memang menyehatkan. Akan tetapi, latihan fisik yang dipraktikan tanpa memperhatikan aturan akan menimbulkan dampak buruk seperti cedera—dari yang ringan hingga berat. Setiap cedera akan ditangani dengan cara masing-masing. Selain itu, beberapa jenis makanan terbukti bisa membantu proses pemulihan. Apa saja makanan yang dapat Anda konsumsi tersebut?

  1. Buah dan yogurt

Cedera seperti bengkak dapat Anda pulihkan dengan mengonsumsi yogurt dan buah seperti stroberi, apel, serta pisang. Stroberi dan pisang mengandung vitamin C yang mampu menaikkan produksi kolagen tubuh. Sementara antioksidan dalam apel akan menunjang perbaikan sel-sel rusak dan yogurt yang bisa melancarkan kembali penyumbatan saluran darah akibat pembengkakkan.

  1. Brokoli dan salmon

Brokoli dan salmon adalah dua jenis makanan yang khasiatnya terhadap kesehatan sudah dikenal luas. Konsumsi brokoli rebus dan salmon panggang dapat mempercepat proses penyembuhan pada bagian tubuh yang mengalami salah urat. Pasalnya, protein dalam salmon dapat memperbaiki kerusakan serat otot dan omega-3 dalam brokoli mampu mengempiskan otot yang membengkak.

  1. Susu dan salad buah

Kram yang dialami saat olahraga biasanya terjadi akibat dehidrasi atau defisit elektrolit pada tubuh. Anda bisa meredakan kram dengan konsumsi susu dan salad buah. Potasium yang terdapat dalam salad buah berkhasiat untuk mengendalikan kadar cairan pada tubuh. Sementara kalsium yang terkandung di dalam susu akan membantu kontraksi otot supaya kembali bekerja secara teratur.

  1. Telur dadar

Luka akibat jatuh atau terbanting tak jarang membuat kulit berdarah. Untuk mempercepat penyembuhan dan pengeringan pada luka, konsumsilah telur dadar yang dicampur pepper atau paprika hijau. Protein di dalam telur sanggup menaikkan produksi sel-sel kulit baru, sehingga luka akan cepat menutup. Lalu, hal tersebut akan mendorong sel darah putih untuk melindungi tubuh dari infeksi akibat luka.

  1. Smoothie kacang

Cedera seperti patah tulang harus hati-hati ditangani. Untuk membantu pengobatan, konsumsi buah dan smoothie kacang. Pasalnya, pemulihan akibat patah tulang memerlukan kalsium, magnesium, vitamin D, dan fosfor yang banyak. Smoothie kacang dapat Anda buat sendiri dengan mencampurkan susu, pisang, kacang almond, dan yogurt. Selain lezat, minuman ini akan membantu perbaikan struktur tulang. 

Itulah makanan-makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memulihkan bagian tubuh yang mengalami cedera. Barengi juga dengan istirahat cukup dan pemeriksaan lanjut bersama dokter yang terpercaya.

Cedera Olahraga

Lifehacks!

komentar

0 komentar