Resep Obat Cacingan dengan Daun Srikaya

RESEP | 24 JANUARI 2016
SHARE
194

Srikaya atau yang dikenal juga dengan nama sarikaya, merupakan salah satu buah yang cuku populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan menyegarkan, membuat buah yang dikenal dengan nama latin annona squamosa L ini disukai banyak orang.

Srikaya sendiri merupakan tanaman khas daerah tropis yang tergolong dalam keluarga annona, bersama dengan sirsak dan lainnya. Maka sangat pantas kalau secara fisik, srikaya sangat mirip dengan sirsak, hanya saja bentuk tubuh buahnya sedikit berbeda.

Selain buahnya, srikaya pun kerap dimanfaatkan daunnya sebagai bahan pengobatan herbal. Daun srikaya sendiri mengandung p-hidroksibenzil, dihidroksi, tetrahidroisokinolin dan alkaloid tetrahidro isokuinolin, yang sangat bermanfaat untuk mengatasi cacingan, borok dan lainnya.

Berikut merupakan cara mengolah daun srikaya menjadi obat tradisional untuk mengatasi cacingan pada anak.

  • Siapkan sekitar 15 lembar daun srikaya ukuran sedang dan dalam kondisi baik.
  • Cuci daun hingga benar-benar bersih dalam air yang mengalir
  • Setelah itu, rebus daun srikaya bersama dengan lima gelas air
  • Biarkan hingga air rebusan daun srikaya ini tersisa tingga tiga gelas.
  • Dinginkan ramuan, saring dan minum airnya 3 kali sehari.
  • Lakukan perawatan ini hingga cacingan si kecil benar-benar sembuh.

Catatan

Harap diperhatikan oleh ibu hamil, apapun alasannya, sebaiknya jangan konsumsi ramuan daun srikaya atau segala hal yang berhubungan dengan buah ini. Pasalnya, kandungan aktif dalam srikaya berpotensi megakibatkan gangguan kehamilan.

Hati-hati dalam mengolah biji, kulit kayu, dan akar srikaya. Bagian ini mengandung racun yang disebut annonain dan resin. Jumlah racun ini paling banyak terdapat di bagian bijinya. Maka dari itu, sebaiknya dampingi diri anda dengan pakar herbal sebelum mengolah ramuan tradisonal ini.

Jika anda tidak mau mengambil risiko, sebaiknya beli suplemen ekstrak daun srikaya yang sekarang ini banyak dijual di toko-toko herbal, baik yang dalam bentuk serbuk, kapsul atau kaplet. Selain itu, konsumsi ramuan herbal srikaya sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Selamat mencoba!

resep resep herbal obat cacingan daun srikaya

Lifehacks!

komentar

0 komentar