Mengobati Masuk Angin Anak dengan Bawang Merah

RESEP | 14 JANUARI 2016
SHARE
101

Masuk angin memang tidak ditemukan dalam istilah kedokteran. Tapi walaupun begitu, kondisi yang digambarkan sebagai flu ringan ini cukup populer di wilayah Asia, khususunya Indonesia. Jika tubuh terasa pegal, terasa mual, ketika di gosok kulit berwarna merah, inilah tanda-tanda masuk angin.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Kalau untuk orang dewasa, sebenarnya masuk angin bisa disembuhkan dengan metode kerokan. Selain itu, konsumsi jahe, sup dan sayuran hangat, dipercaya efektif untuk mengatasi masalah ini. Tapi bagaimana jika si kecil yang masuk angin?

Tenang, jangan panik gitu dong. Masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masuk angin untuk anak-anak, salah satunya dengan menggunakan bawang.

Cara 1

  • Pertama, ambil bawang merah segar ukuran sedang (lebih besar lebih baik).
  • Belah bawang merah menjadi dua bagian, setelah itu, gunakan bagian dalam bawang merah untuk melakukan kerokan kepada si kecil.
  • Lakukan kerokan seperti biasanya, hanya saja koin dan minyak urutnya diganti dengan menggunakan bawang.

Cara 2

  • Pertama, ambil bawang merah segar (ukurannya bebas, yang penting masih segar)
  • Kemudian partu bawang merah, dan tampung parutan bawang merah dalam wadah khusus.
  • Setelah itu, balurkan parutan bawang merah ini ke seluruh tubuh si kecil.

Catatan

Cara pengobatan masuk angin di atas bisa dipraktekan kepada bayi. Bawang merah sendiri mengandung banyak sekali kandungan alami, seperti minyak atsiri, dihidroakiin, siloalilin, flavogliksosida, poptida, vitohormon, kuersetin dan zat pati.

Dengan kandungan didalmnya, bawang mewah bisa memberikan sensai hangat di tubuh si kecil untuk membuatnya nyaman seperti pelukan ibu. Selain itu, aroma khas dari bawang merah pun ampuh atasi flu, dan mengusir berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Untuk anak batita dan balita, anda pun bisa menggunakan cara ini. Untuk memberikan efek yang lebih hangat, anda bisa menambahkan kayu putih atau minyak telon pada parutan bawang merah, atau menggunakannya sebagai bahan pelumas kerokan. Bagaimana, ternyata sangat mudah bukan?

resep mengatasi masuk angin anak bawang

Lifehacks!

komentar

1 komentar

  • irsyad syahruddin 23 Mei 2017

    simpel ya ternyata. terima kasih min