Mengobati Infeksi Saluran Kencing dengan Bunga Pagi Sore

RESEP | 29 JANUARI 2016
SHARE
102

Namanya memang unik, bunga pagi sore. Selain dikenal dengan nama pagi sore, bunga cantik yang memiliki nama latin Mirabilis Jalapa L ini biasa dikenal dengan nama bunga pukul empat. Bagaimana, sama-sama unik kan?

Bunga pagi sore sendiri merupakan jenis bunga yang berasal dari Amerika Selatan dengan ciri khas fisik, tinggi 20 hingga 80 cm. Bentuk morfologi bunga ini merupakan bunga dengan bentuk terompet dengan kelopak berwarna merah, jingga, putih, kuning dan terkandang kombinasi.

Disamping cantik, ternyata bunga pagi sore pun memiliki banyak sekali kandungan senyawa kimia yang berkhasiat sebagai bahan obat tradisional, diantaranya zat tepung, betaxanthis, lemak, zat asam lemak, zat asam minyak dan lainnya.

Dengan kandungan tersebut, bunga pagi sore kerap digunakan sebagai bahan herbal untuk mengobati penyakit infeksi saluran kecing. Berikut resepnya.

Keringkan 9-15 gr akar bunga pai sore atau bisa juga menggunakan 15-30 gr akar bunga pagi sore segar.

  • Cuci hingga bersih (jika menggunakan akar segar),
  • Setelah itu, rebus akar bunga pagi sore bersama dengan 4 gelas air.
  • Masak akar bunga pagi sore hingga air rebusannya tersisa hingga 2 gelas.
  • Angkat dan dinginkan ramuan, kemudian saring untuk diambil airnya.
  • Ramuan ini bisa dikonsumsi 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing 1 gelas.

Catatan

Nama bunga bunga pagi sore sendiri diambil dari kebiasaan bunga ini mekar, di mana bunga ini akan mekar dan mengeluarkan aroma yang semerbak di sore hari, atau sekitar jam 4 sore. Selain sebagai ramauan herbal, budidaya bunga ini sendiri kerap dilakukan sebagai tanaman hias.

Teknik penanamannya sendiri dilakukan dengan cara menebar bijinya, dan biasanya akan cepat tumbuh subur di hampir seluruh wilayah Indonesia. Walaupun begitu, bunga pagi sore bisa dibudidayakan dengan teknik beni, stek dan lainnya.

Asal bunga ini sendiri hingga kini belum diketahui. Hanya saja, jika melihat nama dan karakteristik tanamannya, bunga ini diduga berasal dari Meksiko, di mana bunga ini akan tumbuh subur di tepi pantai hingga ketinggian 1.200 mdpl. Bagaimana, tertarik untuk menanam si cantik unik ini?

resep resep herbal infeksi saluran kencing bunga pagi sore

Lifehacks!

komentar

0 komentar