Mau Segar Sepanjang Hari? Rutinlah Makan Pisang di Pagi Hari!

RESEP | 24 OKTOBER 2017
SHARE
13

Menyantap buah-buahan seperti adalah cara termudah dan termurah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dari sekian banyak buah yang bisa diperoleh, ada pisang yang tentunya sudah tak asing lagi bagi kita. Buah berbentuk lonjong dengan warna hijau dan kuning ini dapat dikonsumsi langsung atau diolah menjadi macam-macam hidangan seperti jus, smoothie, kue, hingga topping piza.

Bukan cuma itu, mengonsumsi pisang secara rutin pun memberikan banyak benefit bagi tubuh, terutama kalau kita menyantapnya di pagi hari sebagai sarapan. Lantas, apa saja manfaat yang diberikan pisang pada tubuh kita? Simak penjelasannya berikut ini!

Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. selaku ahli gizi mengungkapkan bahwa pisang memiliki macam-macam vitamin seperti vitamin B, vitamin B6, vitamin C, hingga serotonin. Vitamin-vitamin tadi bekerja maksimal saat kita menyantap pisang dalam sesi sarapan atau sebelum beraktivitas. Mengapa demikian? Samuel yang bekerja di Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi pun mengatakan, kondisi tubuh kita akan sangat ditentukan dari asupan gizi dan nutrisi yang masuk saat santap pagi.

Samuel menyatakan bila sarapan sangat penting untuk menjaga stamina kita saat beraktivitas dari siang hingga malam hari. Dengan kata lain, otak kita pun digunakan seharian penuh dan untuk menunjangnya, sarapan jadi kunci yang tidak boleh kita lewatkan. Dua vitamin dalam pisang, yakni vitamin B dan vitamin B6, merupakan mediator pembentukan energi dalam tubuh.

Menyoal tentang jumlah pisang yang harus disantap atau cara terbaik untuk mengolahnya hal tersebut dikembalikan lagi ke selera kita masing-masing. Baik dimakan langsung atau jadi pendamping oatmeal, dua-duanya tetap memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Satu hal yang pasti, asupan vitamin B yang kurang dalam santap pagi akan memperlambat pembentukan energi. Hal ini jelas akan membuat kita cepat lemas dan otak pun tidak bakal menunjukkan performa terbaik 

Di sisi lain, pisang bukan satu-satunya buah yang bisa kita andalkan dalam sesi sarapan. Ada makanan lain yang dapat kita konsumsi sebagai santap pagi. Seperti yang sudah disebutkan, oatmeal adalah salah satu makanan bergizi yang layak kita konsumsi bersama pisang. Bahkan kita bisa menambahkan buah lain seperti stroberi, apel, atau anggur untuk memperkaya cita rasa. Dengan begitu, selain tubuh semakin kuat, kita pun akan segar sepanjang hari.

segar makan pisang

Lifehacks!

komentar

0 komentar