Begini Caranya Konsumsi Tomat untuk Turunkan Risiko Kanker Prostat

RESEP | 19 DESEMBER 2017
SHARE
8

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang sangat berbahaya. Salah satu alasan mengapa kanker ini berbahaya adalah karena sulit untuk mendeteksi kanker ini. Kanker ini berkembang secara perlahan dan tidak disadari oleh orang yang memiliki kanker ini. Perubahan atau masalah kesehatan baru terjadi, setelah kanker ini memasuki fase akhir atau fase paling parah. Bila hal ini terjadi, maka ada resiko bila nyawa Anda tidak dapat diselamatkan. Lalu, bagaimana cara agar kita dapat mencegah hal ini? Jawabannya adalah Tomat.

Benar, buah Tomat ternyata mempunyai khasiat untuk menurunkan resiko terjadinya kanker prostat. Namun, Anda tidak dapat mengkonsumsinya begitu saja. Ada cara yang harus Anda gunakan untuk membuat buah berwarna merah ini mampu membantu Anda mencegah kanker prostat. Caranya yaitu dengan memasak buah Tomat tersebut.

Mungkin, beberapa dari Anda menganggap bila mengkonsumsi buah Tomat dalam bentuk mentah lebih menyehatkan. Nutrisi didalamnya masih banyak dan rasanya juga nikmat, khususnya bila Anda mengkonsumsi Tomat manis. Tetapi, menurut  Dr Aru Wisaksono Sudoyo SpPD, KHOM, FACP, cara tersebut adalah salah.

Dr. Aru mengungkapkan zat penting yang dapat menurunkan resiko kanker Prostat adalah likopen. Dan, likopen ini berada dalam bentuk tertutup, saat tomat masih dalam keadaan mentah. Untuk membukanya, Anda harus memasaknya. Anda tidak perlu memasaknya dalam waktu lama. Cukup celupkan pada air mendidih sebentar, dan likopen didalamnya akan terbuka.

Selain likopen, ada kandungan lain di dalam tomat yang juga berfungsi untuk mengurangi resiko terjadinya kanker prostat. Tomat mengandung banyak sekali antioksidan. Dan, seperti yang kita semua tahu, antioksidan adalah zat yang dapat membentengi tubuh kita dari serangan radikal bebas. Radikal bebas banyak ditemukan dikota-kota besar dengan tingkat polusi yang tinggi. 

Dan, radikal bebas ini yang dapat memicu terjadinya mutasi pada sel tubuh. Sel tubuh yang bermutasi, akan berubah menjadi kanker. Jadi, dengan kombinasi dua zat ini, likopen dan antioksidan, Tomat menjadi pelindung tubuh yang baik dari radikal bebas tersebut.

tomat kanker prostat

Lifehacks!

komentar

0 komentar