Bagaimana nilai Gizi dari Yoghurt Aneka Rasa?

RESEP | 08 JUNI 2017
SHARE
104

Yoghurt merupakan salah satu hasil olahan susu yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan, terutama sistem pencernaan. Selain itu, yoghurt pun kerap digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan dengan mencampurkannya sebagai masker atau bisa juga dikonsumsi langsung.

Tapi yang jadi masalah, saat ini banyak produk yoghurt yang justru sudah punya banyak varian rasa, dari mulai buah-buahan hingga kopi. Apakah masih berkhasiat?

Mengenai hal ini, Martin Natadipraja, food consultant di Yoforia, menyebut jika sekarang ini bakteri dalam yoghurt sudah sangat berkembang. Jika dulu bakteri yoghurt berasal dari Lactobacillus dan Streptococcus yang identik dengan asam, sekarang sudah berkembang dengan beragam pilihan rasa.

Di beberapa negara di dunia, bakteri yoghurt pun terus diteliti dan dikembangkan untuk menghasilkan varian yoghurt yang tidak hanya lezat, tapi juga aman dan memiliki nilai gizi yang maksimal. Beberapa negara tersebut diantaranya Amerika, Jepang, Denmark dan juga Indonesia.

Varian rasa buatan

Walaupun begitu, bukan berarti semua yoghurt aneka rasa memiliki nilai gizi yang maksimal. Faktanya, banyak produsen yoghurt yang mencoba mengakali produk buatannya dengan menambahkan lemak berlebih yang berasal dari pemanis buatan.

Umumnya, pemanis buatan ini sengaja dicampurkan untuk menutupi rasa asam yang terdapat dalam produk yoghurt asli. Makanya, nggak heran jika rasa manis yang ditawarkan yoghurt campuran ini sangat identik dengan gula atau varian rasa lainnya.

Hal ini berbeda dengan yoghurt dengan varian bakteri terbaru, dimana rasa manisnya tidak terlalu kental, dan rasa asamnya sudah tidak terlalu menggigit, walaupun tanpa menggunakan pemanis, atau bahkan pewarna buatan sebagai pemanis penampilannya.

Walaupun begitu, bukan berarti yoghurt aneka rasa nggak punya nilai gizi. Perhitungannya, selama kandungan lemaknya masih kurang dari 5 persen, hal ini masih wajar dan kandungan gizi yoghurt tidak terganggu. Tapi kalau sudah lebih dari 5 persen, biasanya nilai gizinya sudah berkurang.

Makanya, disinilai kamu dituntut untuk lebih jeli dalam melihat informasi gizi dari produk yoghurt yang bisa dikonsumsi, bukan hanya beli dan nikmati saja.

Yoghurt

Lifehacks!

komentar

0 komentar