Bagaimana Cara Terbaik Konsumsi Cuka Apel?

RESEP | 16 OKTOBER 2017
SHARE
11

Cuka apel dikatakan sebagai makanan ajaib. Cuka apel dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan juga meningkatkan kualitas kesehatan tubuh kita. Hal ini disebabkan, di dalam cuka apel, terdapat berbagai zat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Misalnya, asam asetat yang dapat mengendalikan bakteri dan jamur di saluran pencernaan. Lalu ada pula pektin. Zat ini adalah serat yang dapat larut dalam air. Hal ini sangat membantu pencernaan Anda. Karena ini, banyak orang menyarankan cuka apel untuk menyembuhkan sembelit maupun untuk mengatasi obesitas. Sayangnya, ada kesalahan dalam penggunaannya.

Cuka Apel Untuk Diminum

Banyak orang mengonsumsi cuka apel dengan diminum. Mereka percaya dengan cara ini, maka mereka akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Memang, ada banyak zat berguna di dalamnya. Tetapi, cara ini adalah cara yang salah untuk mengonsumsi cuka apel. Cuka apel, sama seperti cuka pada umumnya, mempunyai sifat asam. Dan, zat bersifat asam mempunyai kemampuan untuk meng-korosi atau merusak.

Artinya, bila Anda mengonsumsi cuka apel dengan cara diminum, seperti saat menggunakan suplemen, maka hal tersebut tidak baik untuk gigi. Asam yang ada didalam cuka apel akan dapat merusak lapisan enamel gigi. Lapisan ini adalah pelindung luar gigi. Bila lapisan ini rusak, maka gigi akan dapat keropos dan menjadi sarang bakteri. Dan, inilah yang dapat menyebabkan gigi berlubang, serta masalah mulut lainnya, mulai sakit gigi hingga bau mulut.

Cara Mengonsumsi Yang Benar

Cara yang benar mengonsumsi cuka apel adalah dengan mencampurnya dengan salad. Dengan cara ini, maka kandungan asam dalam cuka dapat tereduksi oleh sayuran. Ditambah lagi, manfaat yang Anda dapatkan juga lebih banyak. Salad menjadi sumber nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Dan, bila Anda menambahkan cuka apel, maka ada lebih banyak nutrisi yang Anda dapatkan.

Sejatinya, cuka apel memang dibuat pertama kali sebagai saus untuk salad. Cara lainnya adalah dengan melarutkannya dalam air. Dengan ini, maka Anda akan lebih mudah untuk menelannya. Dengan cara yang benar ini, maka Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari cuka apel.

cuka apel

Lifehacks!

komentar

0 komentar