5 Bumbu Dapur Ini Terbukti Punya Manfaat Sehat

RESEP | 06 JULI 2017
SHARE
570

Nggak cuma melezatkan masakan, beberapa bumbu dapur pun sudah terbukti punya manfaat yang sangat besar untuk kesehatan. Makanya kamu sangat disarankan untuk menggunakan bumbu-bumbu tersebut saat memasak. Mau tahu apa saja?

Dilansir dalam Prevention Australia, berikut merupakan 5 bumbu dapur yang tidak hanya ampuh melezatkan masakan, tapi juga terbukti bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Lada hitam

Lada hitam memang mampu memberikan sensasi makanan lezat, hangat dan sedikit pedas. Tapi bukan hanya lezat, menurut penelitian yang dilakukan Tim ahli dari University of Michigan, Amerika Serikat, lada hitam mengandung piperine, senyawa kimia yang mampu melawan sel kanker.

Saus sambal

Saus sambal pun mengandung capsaicin, senyawa kimia yang efektif untuk membuat cabai terasa sangat pedas. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, menyebut jika kandungan senyawa capsaicin dalam saus sambal terbukti efektif mengurangi kadar ghrelin, menjaga perut tetap kenyang dan baik untuk diet.

Minyak zaitun

Dalam minyak zaitun terkandung banyak sekali jenis vitamin, termasuk vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Tidak hanya itu, minyak zaitun pun mengandung asam lemak omega-9 yang efektif membantu sel-sel otak tetap sehat. Tidak hanya itu, penelitian dari University of California, menyebut jika asam lemak omega-9 efektif membuat ingatan jangka pendek tetap maksimal.

Kayu manis

Selain menghasilkan rasa manis, kayu manis mampu memberi sensasi rasa manis yang menyegarkan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menyebut jika menambahkan setengah sendok teh kayu manis, efektif untuk memperlambat kenaikan gula darah.

Bawang putih

Bawang putih merupakan jenis bawang-bawangan yang ampuh mencegah kanker, sekaligus mengobati masalah yang berhubungan dengan kesehatan perut akibat kandungan zat antioksidan di dalamnya. Menurut peneliti Joanna Hlebowicz, bawang putih merupakan bumbu terbaik untuk menguatkan rasa, sekaligus menjaga tubuh tetap sehat.

Sebenarnya, masih banyak bumbu dapur lainnya yang terbukti memiliki khasiat lebih untuk kesehatan. So, jangan lupa untuk menambahkan bumbu-bumbu diatas sebagai pelengkap menu harianmu!

bumbu dapur

Lifehacks!

komentar

0 komentar