4 Trik Memasak Sehat Tanpa Memakai Garam

RESEP | 21 JUNI 2017
SHARE
84

Siapa sih yang nggak kenal dengan garam? Hampir seluruh masakan kerap dicampur dengan bahan yang satu ini. Sayangnya, walaupun mampu menghadirkan rasa yang gurih, terlalu banyak konsumsi garam bisa menyebabkan beragam masalah kesehatan, termasuk hipertensi dan gangguan jantung.

Untuk mengatasi hal ini, sebenarnya kamu bisa mengolah makanan sehat tanpa menggunakan garam, tapi tetap mampu menghadirkan rasa yang lebih lezat. Mau tahu caranya? Simak yuk, seperti dilansir dalam health.com.

Tambahkan Rempah

Tidak hanya menghangatkan tubuh, rempah-rempah pun mampu menghadirkan rasa gurih dalam setiap makanan yang kamu sajikan. Beberapa rempah yang bisa digunakan adalah, lada hitam atau merah, kunyit, jahet, oregano dan lainnya.

Sebagai bonusnya, ternyata rempah-rempah pun bebas kalori, sehingga kamu pun bisa bebas menambahkan rempah-rempah tersebut tanpa khawatir dengan berat badan dan kolesterol tinggi.

Tambahkan Asam

Nggak beda jauh dengan garam, asam bekerja sangat efektif untuk melezatkan rasa makanan. Untuk mendapatkan rasa lezat dengan asam, kamu bisa menambahkan beberapa tetes cuka anggur balsamic atau anggur merah pada salad atau pasta olahanmu.

Tidak hanya itu, kamu pun bisa bereksperimen dengan rasa asam menggunakan beberapa tetes ekstrak jeruk nipis pada ayam panggang olahanmu.

Ubah metode masak

Nggak cuma bumbu, rasa gurih bisa kamu dapatkan dari cara pengolahan makanan yang kamu lakukan. Misalnya, jika biasanya kamu mengolah sayuran dengan cara ditumis, sebagai gantinya kamu bisa mengolah sayuran dengan cara dipanggang.

Selain itu, kamu pun bisa mengolah makanan dengan suhu kecil hingga menengah. Memang memasak akan membutuhkan waktu yang lama, tapi keuntungannya rasa yang didapat akan jauh lebih lezat.

Taburkan rumput laut

Selain garam, secara alami bubuk rumput laut efektif untuk membuat rasa makanan jadi lebih gurih dan unik. Menariknya, rumput laut sangat cocok ditaburkan pada jenis masakan apapun, termasuk sayuran, nasi atau tumis-tumisan.

Kelebihan lainnya, bubuk rumput laut kaya akan vitamin E, serat dan nutrisi lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Gimana, mau mau bergantung kepada garam?

garam

Lifehacks!

komentar

0 komentar