Tips Sehat Menikmati Menu Lebaran

NAFAS LEGA | 26 JULI 2017
SHARE
107

Menu Lebaran memang sangat menggoda. Bagaimana tidak, di hari spesial tersebut kamu akan menemukan banyak menu makanan dengan bentuk menarik, dan rasa yang menakjubkan. Mulai dari makanan manis, gurih, yang didominasi dengan makanan bersantan.

Tapi ingat, bukan berarti kamu bisa asal lahap saja. Agar tetap sehat tanpa harus kehilangan kesempatan menikmati kelezatan menu Lebaran, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

Perhatikan kalori

Kebanyakan menu makanan selama Lebaran adalah, makanan dengan santan, makanan manis dan mentega. Nah, kandungan kalori dari bahan makanan tersebut tergolong tinggi. Makanya, sangat disarankan untuk menghitung kebutuhan kalori harian sebelum mengonsumsi menu-menu tersebut.

Tekniknya, jika kamu sudah mengonsumsi kue manis, sebaiknya batasi asupan kalori dari makanan besar, seperti nasi atau ketupat. Hal ini untuk mengimbangi jumlah kalori yang kamu konsumsi.

Sayur dan buah

Kalau diibaratkan, sayuran dan buah bagaikan spons yang ampuh menyerap lemak dalam tubuh, kemudian membuangnya keluar dari tubuh. Makanya, saat dihadapkan dengan menu Lebaran, pastikan kamu mengonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup.

Bonusnya, buah dan sayur efektif untuk menjaga bobot tubuh tetap ideal, melancarkan sistem pencernaan dan masalah kesehatan lainnya yang kerap menyerang selama Lebaran.

Konsumsi obat

Bahagia di hari Lebaran merupakan hal yang wajar, tapi ingat jangan sampai kamu melupakan rekomendasi dokter untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, terlebih ketika kamu punya penyakit tertentu, seperti jantung, diabetes dan lainnya.

Selain itu, kamu pun disarankan untuk melakukan pemeriksaan menjelang akhir bulan Ramadhan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir dampak butuk dari penyakit yang kamu derita.

Perhatikan waktu makan

Selain memeriksakan diri ke dokter dan konsumsi obat-obatan tertentu, kamu pun diwajibkan untuk memperhatikan waktu makan dan menu makanannya. Dengan memperhatikan pola makan yang baik, besar kemungkinan tubuhmu akan terisi dengan nutrisi yang maksimal.

Jangan lupa, pastikan kamu memenuhi kebutuhan istirahat harian dan konsumsi air putih dalam jumlah yang maksimal. Dengan cara ini, kamu pun bisa menikmati Lebaran dengan maksimal, tanpa harus khawatir dengan masalah kesehatan. Selamat berlebaran!

bumbu dapur

Lifehacks!

komentar

0 komentar