Teh Jahe Bisa Cegah Kenaikan Berat Badan

NAFAS LEGA | 13 APRIL 2017
SHARE
180

Sudah berapa banyak program diet yang kamu coba, tapi tetap hasilnya belum memuaskan? Kalau begini caranya, sepertinya kamu harus memasukkan teh jahe sebagai senjata tambahan diet. Pasalnya, penelitian terbaru menyebut jika teh jahe efektif untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dalam health.com, sebuah penelitian terbaru dari Institute for Human Nutrition di Columbia University, menyebut jika menambahkan minuman jahe panas sebagai menu untuk diet, efektif untuk mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Tidak hanya itu, dalam penelitian ini pun ditemukan fakta yang menyebut jahe efektif untuk mengontrol nafsu makan, meningkatkan efek thermal, meningkatkan sistem metabolisme, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

FYI, efek thermal merupakan kemampuan alami tubuh untuk membakar lemak, kemudian mengolahnya menjadi sumber energi. Jika efek thermal tinggi, otomatis pembakaran lemak pun lebih maksimal, terlebih jika kamu mengombinasikannya dengan latihan fisik intensitas tinggi.

Selain itu, jahe pun memiliki banyak fungsi lainnya, dari mulai efektif untuk meredakan stres, menjaga sistem pencernaan tetap sehat, menurunkan kolesterol, dan lainnya.

Baca Juga: Batuk Membandel? Segera Minum HerbaKOF!

Bagaimana cara membuat ramuan teh jahe?

Sebenarnya membuat ramuan teh jahe ini tergolong sangat mudah. Pertama, potonglah jahe menjadi ukuran kecil, kemudian rebus selama 15-20 menit. Nah, air rebusan jahe inilah yang bisa kamu gunakan untuk menyeduh teh, baik teh hitam ataupun teh hijau. Sesuaikan saja dengan selera!

Tapi penting diingat, sebaiknya jauhi gula saat membuat ramuan teh jahe ini. Kalau kamu nggak kuat dengan rasanya, tambahkan saja beberapa sendok makan madu murni, atau bisa juga dengan menggunakan kayu manis bubuk sebagai pemanisnya.

Selain itu, sebaiknya pastikan perut kamu sudah terisi sebelum mengonsumsi ramuan ini. Pasalnya menurut Chris Kilham, pakar pengobatan alternatif di The Medicine Hunter, jahe bisa menyebabkan stimulasi berlebihan di lambung yang bisa mendatangkan masalah pencernaan.

Untuk mengakali risiko ini, Chris menyarankan kamu untuk mengonsumsi camilan sehat sambil menikmati secangkir teh jahe di sore hari. Beberapa camilan yang paling direkomendasikan adalah, biskuit gandum utuh, kacang-kacangan, jagung rebus atau kentang rebus. Selamat mencoba!

Lifehacks!

komentar

0 komentar