Pastikan Asupan Kalsium Agar Gigi Tidak Keropos

NAFAS LEGA | 20 JULI 2017
SHARE
410

Masih muda tapi giginya keropos dan bahkan ompong? Waduh, hal tersebut harus lebih diperhatikan lagi ya. Selain mengganggu penampilan, gigi keropos dan tidak sehat juga sumber dari kuman penyakit yang bersarang di dalam mulut. Awalnya sih hanya keropos saja tapi lama kelamaan akan muncul penyakit berbahaya lainnya. Contohnya saja seperti sakit gigi, bau mulut, sariawan, bahkan sampai yang berbahaya yaitu kanker lidah dan juga mulut. Jangan remehkan semua penyakit tersebut ya karena ada beberapa kasus kematian terjadi akibat beberapa penyakit tersebut.

Penyebab Gigi Keropos

Anda pastinya sudah tau pasti bukan jika faktor utama penyebab gigi keropos adalah karena kekurangan zat kalsium? Sejak kecil, orang tua di rumah dan bahkan guru di sekolah sudah sering mengajari tentang pentingnya menyikat gigi dan minum susu secara teratur. Hal ini dikarenakan dalam pasta gigi dan susu mengandung kalsium yang bisa melindungi dan memperkuat gigi.

Selain itu, ternyata ada lagi faktor-faktor yang membuat gigi menjadi rusak dan tidak sehat yaitu karena pola hidup yang tidak sehat. Seperti orang yang sering mengkonsumsi makanan manis, coklat, permen, dan sebagainya. Makanan tersebut mudah meninggalkan plak pada gigi dan memicu timbulnya lubang. Kemudian kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga bisa menyebabkan gigi keropos.

Kalsium Sangat Penting

Mengingat ada banyak sekali faktor penyebab gigi keropos maka Anda perlu sekali memperhatikan kesehatan mulut serta gigi. Tentu saja selain hanya menyikat gigi secara teratur, Anda juga wajib mengkonsumsi makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung kalsium. Zat yang satu ini sangat bermanfaat sekali untuk memperkuat lapisan pada gigi. Pada masa anak-anak, kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang serta gigi agar jauh lebih kuat.

Tidak hanya pada pasta gigi saja, kandungan zat kalsium juga bisa Anda dapatkan dengan mudah pada makanan. Anda bisa mengkonsumsi susu, telur, daging, ikan laut, keju, kacang-kacangan seperti almond, kacang polong, kacang kedelai, dan kacang hijau. Kalsium juga banyak ditemukan pada sayuran yaitu brokoli, kecipir, dan sayur yang berwarna hijau terang. Kemudian ada juga pada buah-buahan seperti pepaya, salak, nangka, dan lain sebagainya.

Jangan sampai Anda mengalami gigi keropos dan ompong di usia yang masih sangat muda ya! Tetap jaga dan rawat kesehatan gigi serta mulut agar penampilan semakin percaya diri. Selain itu, Anda juga bisa terhindar dari gangguan kesehatan berbahaya yang lainnya.

gigi keropos

Lifehacks!

komentar

0 komentar