Ngopi Dulu Sebelum Olahraga Bisa Tingkatkan Performa Fisik

NAFAS LEGA | 16 JULI 2017
SHARE
392

Segelas kopi hangat memang cocok sekali untuk menemani sarapan di pagi hari atau ketika sedang lembur kerja di malam hari. Minuman yang satu ini dikenal sebagai minuman energi yang bisa meningkatkan energi di dalam tubuh. Hal tersebut memang benar karena dalam kopi mengandung zat kafein. Selain bisa mencegah rasa kantuk dan membuat mood jadi baik, ternyata minuman kopi menjadi senjata andalan bagi para atlet. Hal tersebut karena minuman tersebut mampu memberikan energi dan membantu dalam proses pembakaran lemak. Itulah mengapa minum kopi sebelum olahraga sangat dianjurkan karena mampu meningkatkan peforma fisik.

Kandungan Pada Kopi

Kopi memang dikenal sebagai minuman energik karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Bagi para pekerja kantoran yang sering lembur, minuman ini menjadi andalan. Alasannya karena kopi dapat menghilangkan ngantuk, meningkatkan daya ingat, fokus, dan membuat tubuh lebih berenergi. Nah, selain kafein, ada lagi zat lain di dalam minuman tersebut yang juga bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut seperti putrescine, niacin, ethyphenol, trigonelline, dan sebagainya.

Manfaat Kopi Sebelum Olahraga

Sebuah penelitian membuktikan jika seorang atlet minum kopi sebelum olahraga maka bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya zat kafein yang ada pada kopi yang bisa membakar lemak dengan lebih cepat. Selain itu, tubuh juga menjadi berenergi selama melakukan olahraga seperti lari, renang, bersepeda, dan sebagainya. Manfaat lain minum kopi sebelum olahraga adalah mampu menguatkan otot sehingga proses olahraga menjadi lebih maksimal. Meskipun begitu, konsumsi kopi tetaplah dibatasi yaitu tidak lebih dari 400 miligram tiap harinya.

Telah dilakukan pembuktian dimana beberapa alit sepeda diminta untuk mengkonsumsi segelas kopi sedangkan sebagian lainnya tidak. Hasilnya juga sangat mengejutkan dimana atlet yang minum kopi sebelum olahraga ternyata mampu bersepeda dengan lebih cepat. Selain itu, mereka juga tidak mudah lelah dan lemak serta kalori yang dibakar jauh lebih banyak. Wah, nampaknya kopi menjadi minuman alternatif yang cocok bagi para pelaku diet ya!

Kalau Anda ingin aktivitas olahraga lebih maksimal lagi maka biasakan minum kopi terlebih dahulu satu jam sebelumnya. Tapi ingat, jangan terlalu banyak karena bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan seperti mual, pusing, jantung berdebar, dll. Minum kopi sebelum olahraga memang dianjurkan tetapi Anda harus tetap memperhatikan kadar konsumsinya.

hidup sehat

Lifehacks!

komentar

0 komentar