Minyak Zaitun Ampuh Bersihkan Sumbatan Pada Pembuluh Darah

NAFAS LEGA | 22 FEBRUARI 2017
SHARE
93

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak essensial yang diklaim punya banyak kelebihan. Bahkan minyak yang secara tradisional digunakan dalam berbagai makanan khas Mediterania ini, diklaim sangat efektif menurunkan risiko penyakit jantung.

Cara kerjanya sangat sederhana. Menurut penelitian yang dilakukan di Hospital del Mar Medical Research Institute, Barcelona, menyebut jika minyak zaitun mampu efektif menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menjaga aliran darah tetap lancar dan mampu mencegah penyumbatan pembuluh arteri.

Dr Alvaro Hernaez, selaku pimpinan penelitian, seperti dilansir dalam The Huffington Post, menyebut jika pola diet Mediterenia efektif untuk memperbaiki fungsi high-density lipoprotein atau disebut HDL alias Kolesterol baik dalam tubuh.

Selain itu, jenis Diet Mediterania sendiri kebanyakan menggunakan banyak sayur, buah-buahan segar, biji-bijian dan minyak zaitun. Selain itu, diet ini pun cenderung lebih banyak menggunakan protein rendah lemak, seperti ikan dan daging ayam tanpa kulit.

Semua makanan yang biasa digunakan dalam diet Mediterenia ini mengandung tinggi antioksidan, yang berfungsi juga untuk melindungi HDL. Lebih jauh lagi, Hernaez menerangkan jika HDL yang terlindung, akan mampu melaksanakan fungsi biologisnya dengan lebih baik.

Baca Juga: HerbaVOMITZ, Cara Pintar Singkirkan Kembung dan Mual

Komposisi inilah yang membuat Virgin Olive Oil alias minyak zaitun asli, sangat efektif untuk merontokan Kolesterol yang menempel dari arteri hingga akhirnya sumbatan di dalam permbuluh darah akan hilang dan relaksasi pembuluh darah pun berjalan lebih lama.

Dalam penelitian ini, Hernaez meneliti sebanyak 296 data orang dewasa yang dinyatakan berisiko terkena penyakit jantung. Mereka kemudian diberi tiga jenis diet, yakni diet Mediterania dengan 1 liter per minggu minyak zaitun, diet Mediterania dengan 30 gram kacang-kacangan per hari dan diet rendah lemak.

Hasilnya, penelitian yang diterbitkan juga dalam jurnal Circulation, menyebut jika uji darah dan laboratorium menunjukkan jika fungsi HDL alias Kolesterol baik, jauh lebih maksimal pada kelompok yang diberikan diet Mediterania dengan minyak zaitun.

Tapi ingat, agar hasil yang didapat lebih maksimal, sebaiknya gunakan minyak zaitun asli atau Virgin Olive Oil. Selamat mencoba!

Lifehacks!

komentar

0 komentar