Minum Banyak Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan?

NAFAS LEGA | 04 AGUSTUS 2017
SHARE
163

Salah satu kunci hidup sehat selain olahraga secara teratur dan menjaga pola makan adalah rajin konsumsi air putih. Memang khasiat air ajaib yang satu ini tak bisa dianggap remeh begitu saja. Meskipun tidak berasa, tetapi air putih mampu bermanfaat bagi tubuh manusia. Tak heran kalau para pakar kesehatan pun menyarankan agar kita minum banyak air dalam sehari. Biasanya aturan minum yang tepat adalah minimal delapan gelas sehari.

Air Putih untuk Diet

Percaya atau tidak ternyata air putih juga sering dipakai untuk sarana diet dan menurunkan berat badan berlebih. Cara yang satu ini menjadi trend di berbagai negara dan dianggap paling aman jika dibandingkan dengan program diet ketat lainnya. Akan tetapi, sering juga terjadi salah paham dimana orang kurang mengerti bagaimana cara konsumsi air putih yang benar. Mereka menganggap semakin banyak air yang diminum maka berat badan semakin turun.

Padahal anggapan tersebut salah besar dan malah memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Bahkan terjadi beberapa kasus kematian terkait hal tersebut. Seseorang yang melakukan diet air putih secara berlebihan mengalami gangguan kesehatan serius. Mereka hanya minum air saja dalam jumlah banyak dan tidak makan apapun selama beberapa hari. Ada juga yang langsung menengak air beberapa liter sekaligus tanpa jeda.

Hal ini mengakibatkan fungsi organ di dalam tubuh menjadi tidak stabil. Akibatnya jantung, paru-paru dan otak mereka mengalami penurunan fungsi. Jumlah dan tekanan air yang terlalu banyak menekan jantung serta membuat pembuluh dara pecah sehingga mengakibatkan kematian.

Manfaaf Air Putih untuk Diet

Air putih terbukti mampu sebagai cara alternatif diet ampuh, aman, dan juga sehat. Akan tetapi Anda tetap harus memerhatikan waktu dan takarannya. Selain itu, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga rutin dan menjaga pola makan.

Ketika Anda rajin minum air putih, maka asupan air di dalam tubuh tercukupi sehingga proses metabolisme berlangsung dengan lancar. Kalori dan lemak akan dibakar dengan sempurna sehingga tidak tertimbun dan menyebabkan kegemukan. Selain itu, kandungan air di tubuh juga melancarkan pembuangan zat sisa dan racun. Jadi jangan heran jika Anda menjadi sering buang air kecil ataupun besar ketika rajin mengonsumsi air putih.

Manfaat dari air yang lain dalam proses penurunan berat badan adalah mampu menekan rasa lapar. Ini bisa menjadi diet alami tanpa obat ataupun ramuan yang lainnya. Anda bisa minum satu hingga dua gelas air sebelum makan. Tujuannya agar memberikan efek kenyang terlebih dahulu sehingga Anda makan dengan porsi lebih sedikit.

Air putih memang sangat penting sekali bagi tubuh manusia, terutama untuk melancarkan proses metabolisme. Dibalik itu semua ternyata air juga berkhasiat membakar kalori dan meluruhkan zat sisa serta lemak. Selain banyak minum air putih, Anda pun bisa konsumsi sayur dan buah-buahan agar mendapatkan asupan air lebih banyak.

air putih berat badan

Lifehacks!

komentar

0 komentar