Mengkudu; Si Bau yang Memiliki Khasiat Ampuh

NAFAS LEGA | 23 JANUARI 2016
SHARE
8151

Belakangan ini gangguan pernafasan mejadi salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat perkotaan. Hal ini cukup wajar, mengingat tingginya tingkat polusi, dan gaya hidup yang kurang baik, telah menyebabkan berbagai penyakit mudah menyerang.

Selain itu, gangguan sistem pernapasan pun bisa disebabkan karena kelainan saluran pernapasan yang disebabkan oleh faktor genetik, infeksi mikroorganisme dan virus. Tapi apapun penyebabnya, gangguan pernafasan ini harus segera diatasi agar tidak berkembang menjadi akut dan sulit disembuhkan.

Atasi dengan mengkudu

Mengkudu merupakan salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman yang aslinya dari wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia ini, memiliki banyak sekali kandungan alami yang ampuh untuk mengatasi masalah gangguan pernafasan.

Salah satunya adalah antrakuinon dan skopoletin yang sudah dikenal luas sebagai anti-bakteri dan anti-jamur. Selain itu, kedua zat penting ini pun bergerak aktif untuk memburu sumber penyakit, sekaligus ampuh untuk mengatasi alergi dan peradangan.

Selain itu, dalam mengkudu pun terkandung enzim proxeronase dan alkaloid proxeronin yang efektif bekerja di dinding usus besar untuk membentuk xeronine, yang bekerja untuk meregenerasi sel-sel dalam tubuh, mengatasi alergi, ampuh memerangi asma dan berbagai masalah pernafasan lainnya.

Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang dilakukan Bryant Bloss, seorang ahli ortopedi dari Indiana, Amerika Serikat, menyatakan jika konsumsi mengkudu ampuh untuk menurunkan kekambuhan asma, sekaligus mengurangi efek alergi penyebab asma dan masalah pernafasan.

Walaupun begitu, Bryant sendiri lebih menyarankan anda untuk mengonsumsi mengkudu sebagai suplemen, bukan sebagai obat.

Manfaat lain dari mengkudu

Selain ampuh untuk mengatasi masalah pernafasan, buah mengkudu pun memiliki khasiat lainnya bagi kesehatan. Salah satunya adalah ampuh untuk menurunkan kadar gula dalam darah, mengobati diabetes, mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang dan manfaat lainnya.

Bagi wanita, buah mengkudu sangat ampuh untuk mengatasi masalah PMS, seperti sakit perut, dan mengontrol perubahan mood. Selain itu, mengkudu pun sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, dan mengatasi berbagai masalah rambut, seperti rambut bercabang, ketombe dan lainnya.

Nah, kalau anda merasa malas mengonsumsi mengkudu karena aroma dan rasanya yang kurang enak, sekarang sudah banyak obat herbal yang di buat dari ekstrak buah mengkudu. Konsumsi suplemen alami dari buah mengkudu, dan rasakan khasiatnya!

nafas lega napas lega mengkudu manfaat mengkudu

Lifehacks!

komentar

0 komentar