Mau Aman Konsumsi Kafein? Ini Takarannya

NAFAS LEGA | 11 MEI 2017
SHARE
885

Kopi dan teh merupakan minuman paling populer di dunia. Bahkan saking banyaknya, beragam jenis kopi dan teh terus dikembangkan dan dijual di cafe-cafe dengan beragam konsep. Secara tidak langsung, menjamurnya tempat hangout ini telah membuat pencinta teh dan kopi semakin dimanjakan.

Sebagai minuman populer, banyak penelitian yang berhasil membuktikan jika kopi dan teh punya banyak keunggulan. Misalnya saja kopi. Minuman ini efektif digunakan sebagai mood booster, mengembalikan fokus dan membuat semangat berkarya lebih maksimal.

Sementara itu, teh dikenal sebagai minuman dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan banyak penelitian yang menyebut teh efektif membantu menurunkan berat badan, cocok digunakan sebagai mood booster, pelepas stres dan memelihara kesehatan tubuh.

Baca Juga: HerbaKOF, Ampuh Redakan Batuk dan Melegakan Tenggorokan

Jangan berlebihan

Walaupun memiliki banyak manfaat, sebaiknya batasi konsumsi minuman berkafein. Dilansir dalam Daily Mail, penelitian menyebut jika konsumsi maksimal kafein per hari sekitar 400 mg kafein atau setara dengan 4 cangkir kopi perhari dan 6 cangkir teh.

Sementara itu, untuk ibu hamil sangat disarankan mengonsumsi kopi, tidak lebih dari 3 cangkir perhari atau maksimal sekitar 300 mg kafein per hari. Pasalnya, kelebihan kafein bisa menyebabkan masalah kehamilan, diantaranya memicu stres dan kehilangan banyak kalsium di tubuh.

Menurut Dr Eric Hentges, penulis penelitian sekaligus Executive Director of the International Life Sciences Institute (ILSI), menyebut jika kafein punya dampak buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Termasuk efek buruk untuk asam lambung dan lainnya.

Bahaya lainnya, konsumsi kafein secara berlebih bisa menimbulkan insomnia, bahaya bagi penderita penyakit jantung, melemahkan sistem kekebalan tubuh dan lainnya.

Selain itu, dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, disebutkan juga jika konsumsi kafein sebaiknya tidak dilakukan setelah jam 4 sore. Idealnya, kopi dikonsumsi pagi hari dan siang, sementara teh ideal dikonsumsi sore hari.

Selain teh dan kopi, masih banyak makanan dan minuman lainnya yang mengandung kafein, seperti cokelat atau biji kakao, minuman bersoda dan lainnya. So, agar tidak tidak menimbulkan masalah, sebaiknya konsumsi kafein dalam batas yang dianjurkan.

kafein

Lifehacks!

komentar

0 komentar