Manfaat Kesehatan dan Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa

NAFAS LEGA | 18 FEBRUARI 2017
SHARE
102

Bagian timur wilayah Indonesia memang mengesankan. Selain warisan budaya dan keindahan alamnya yang menakjubkan, di sini pun kamu bisa menemukan banyak tanaman unik dengan khasiat kesehatan yang sangat tinggi, salah satunya mahkota dewa, tanaman asli khas Papua Barat.

Tanaman dengan nama latin phaleria macrocarpa ini sudah cukup lama digunakan sebagai bahan alami untuk membuat obat-obatan herbal. Hal ini tidak lepas dari kandungan senyawa aktif di dalamnya, seperti polipenol yang berfungsi sebagai anti alergi atau antihistamin.

Tidak hanya itu, dalam buah ini pun terkandung senyawa alkaloid yang bersifat detoksifikasi alias efektif untuk membuang racun, flavonoid yang berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah, mengandung saponin yang berfungsi sebagai antibakteri dan desinfektan dan berbagai fungsi lainnya.

Apa sih manfaatnya?

Seperti disebutkan di atas, Mahkota Dewa memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, salah satunya mampu mengatasi penyakit diabetes, menetralkan racun didalam tubuh dan mengeluarkannya lewat keringat, urine atau feses, mengurangi risiko jantung, stroke dan lainnya.

Selain itu, Mahkota Dewa pun berfungsi untuk menghabisi lemak yang menempel di dinding pembuluh darah, mengurangi penggumplan darah, menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tetap stabil, tinggi antioksidan yang berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Mahkota Dewa pun terbukti efektif untuk mengobati penyakit disentri, mengatasi masalah kulit, seperti alergi, gatal-gatal dan jerawat, serta manfaat lainnya.

Baca Juga: Stimuno, Cara Praktis Tingkatkan Imun Tubuh

Cara Mengolah Mahkota Dewa

Sebenarnya, banyak bagian Mahkota Dewa yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, dari mulai bagian daunnya, batang hingga bagian buahnya. Walaupun begitu, kebanyakan orang lebih senang memanfaatkan daging buahnya saja sebagai bahan olahan membuat obat herbal.

Setelah buah Mahkota Dewa ini dipisahkan dari kulit dan bijinya, kamu bisa merebus buah ini. Takarannya,  1 buah Mahkota Dewa untuk 1 gelas air. Setelah itu, minum airnya secara teratur, 2-3 kali sehari.

Sebagai catatan, buah Mahkota Dewa memiliki efek samping yang cukup mengerikan. Makanya, dilarang keras mengonsumsi ramuan mahkota dewa secara berlebihan dan dalam jangka waktu lama. Selain itu, buah mahkota dewa pun dilarang dikonsumsi langsung.

Kalau ingin lebih aman, sebaiknya kamu beli hasil olahan buah mahkota dewa ini, baik yang berupa kaplet, sirup, atau bentuk instan lainnya. Jangan lupa berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya!

Lifehacks!

komentar

0 komentar