Manfaat Daun Meniran untuk Penderita Diabetes

NAFAS LEGA | 23 MARET 2017
SHARE
95

Selama ini, meniran dikenal sebagai bahan herbal yang baik untuk menjaga sistem imun tetap dalam posisi puncak. Dengan reputasi ini, nggak heran kalau akhirnya tanaman yang bernama latin Phyllanthus niruri ini kerap diandalkan saat musim pancaroba, atau untuk mempercepat proses penyembuhan pasca sakit.

Cara kerja tanaman ini cukup unik. Saat sistem kekebalan tubuh menurun, kandungan flavonoid di dalamnya, secara otomatis akan mengirimkan sinyal intraseluler kepada reseptor sel untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga sistem imun tubuh akan merangkak naik.

Sebaliknya, saat sistem imun bekerja secara berlebihan, meniran akan bekerja dengan mengontrolnya agar tetap konsisten berada di titik maksimal.

Meniran sendiri merupakan tumbuhan liar khas Indonesia dengan ciri fisik berupa batang yang berbentuk bulat dan basah. Biasanya, tinggi tanaman ini kurang dari 50 cm, dengan berbentuk sirip genap dan setiap tangkainya punya daun majemuk berbentuk lonjong.

Meniran untuk diabetes

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ternyata meniran punya banyak khasiat lainnya untuk kesehatan, salah satunya untuk mengatasi penyakit diabetes.

Khusus untuk diabetes, meniran berfungsi untuk meningkatkan insulin dalam tubuh secara alami. Selain itu, meniran pun efektif untuk memperbaiki sel beta pankreas, mempercepat proses penyembuhan luka, menurunkan kadar gula darah dan mencegah kerusakan jaringan tubuh akibat diabetes.

Baca Juga: 5 Jenis Teh Ini Ampuh Turunkan Berat Badan

Bagaimana cara mengolah meniran untuk diabetes?

Sederhana saja, pertama ambil tanaman meniran, dan bersihkan dengan mencucinya di dalam air yang mengalir. Setelah itu, keringkan daun dan akar meniran dengan cara dijemur dibawah terik sinar matahari, dan rebus daun atau akar meniran tersebut dalam air mendidih

Setelah itu, saring untuk diambil airnya saja, dan konsumsi ramuan ini 2 kali dalam sehari. Untuk menghilangkan rasa dan aroma yang kurang sedap, kamu bisa menambahkan madu atau bubuk kayu manis sebagai pemanisnya.

Kalau ingin lebih praktis, sekarang ini banyak suplemen herbal yang terbuat dari ekstrak meniran. Tapi sebelum itu, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter untuk mendapat saran produk terbaik mana yang bisa kamu pilih. Selamat mencoba!

home-featured meniran diabetes

Lifehacks!

komentar

0 komentar