Lelah Joging? Pulihkan Energi dengan Minuman Ini!

NAFAS LEGA | 02 MEI 2017
SHARE
909

Aktivitas joging memang cukup melelahkan. Nggak jarang setelah berjoging ria, kamu akan bermandi keringat, dan beberapa bagian tubuh terasa pegal. Jangan khawatir, itu efek normal yang biasa terasa pasca menjalani aktivitas fisik.

Dilansir dalam prevention, setelah melakukan aktivitas fisik dengan intensitas tinggi, tubuh berpotensi kehilangan banyak cairan. Tidak hanya itu, tubuh pun akan kehilangan garam esensial yang sangat dibutuhkan tubuh, termasuk kalium dan sodium.

Terus, gimana dong mengatasinya?

Untuk mengembalikan energi, sekaligus mencegah dehidrasi dan kehilangan banyak garam esensial, banyak pakar kesehatan menyarankan kamu untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Tapi apakah itu cukup?

Tentu saja belum. Menurut pakar olahraga di Universitas St.Andrews, Ronald Maughan, minum air putih saja tidak cukup untuk mengembalikan kadar mineral yang hilang selama joging atau aktivitas fisik dengan intensitas tinggi lainnya.

Baca Juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil dengan Stimuno Syrup

Lebih lanjut lagi, Ronald menyarankan kamu untuk mengonsumsi segelas susu atau cokelat hangat. Fungsinya, untuk menenangkan sekaligus membantu memaksimalkan pemulihan protein glikogen agar otot bisa memperbaiki dan meregenerasi diri dengan maksimal.

Sementara itu, Suzanne Girard Eberle, R.D., penulis Endurance Sports Nutrition, menyebut jika konsumsi minuman yang mengandung elektrolit alami, contohnya air kelapa, sangat dianjurkan untuk menjaga kadar elektrolit dalam tubuh.

Mengenai air kelapa, minuman isotonik alami ini memiliki kandungan pottasium di dalamnya bekerja efektif dengan sodium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dan membantu memicu otot berkontraksi, sekaligus membuatnya lebih rileks.

Selain itu, air kelapa pun mengandung kalsium dan magnesium, yang efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah, dan membuat tubuh terasa lebih segar. Tapi harus diingat, konsumsi air kelapa murni, tanpa tambahan gula, susu full cream atau tambahan lainnya.

Selain air putih, susu, cokelat dan air kelapa, beberapa pakar kesehatan pun menyarankan kamu untuk mengonsumsi bir setelah berolahraga.

Pasalnya, menurut penelitian awal yang dipaparkan dalam pertemuan European Beer and Health Symposium Brussels di Belgium, bir merupakan minuman dengan kandungan vitamin dan karbohidrat, yang cukup efektif untuk mengembalikan energi pasca berlari.

So, minuman manakah yang paling sering kamu andalkan setelah capek joging?

home-featured jogging

Lifehacks!

komentar

0 komentar