Cegah Serangan Jantung dengan Cara Ini!

NAFAS LEGA | 26 FEBRUARI 2017
SHARE
743

Mungkin ada dari kamu yang sudah tahu kalau serangan jantung itu bisa datang kapan saja. Karena itulah kita perlu mengetahui apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk mencegah serangan jantung.

Rutin membersihkan gigi

Apa hubungannya membersihkan gigi dengan mencegah serangan jantung? Begini penjelasannya. Penyakit gusi ternyata berhubungan dengan pengerasan arteri dan serangan jantung. Bakteri yang menyebabkan gigi menjadi rusak diperkirakan bisa memicu peradangan yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk rutin menyikat gigi dan membersihkan sela gigi dengan benang gigi. Benang gigi ini penting digunakan karena  bisa membersihkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi.

Sarapan dengan bubur gandum

Gandum diketahui mengandung beta-glucan, serat yang terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat yang merupakan penyebab penyakit jantung. Beta-glucan membentuk gel tebal seperti pasta yang akan mengikat kolesterol di dalam usus dan juga mencegah penyerapan ke dalam aliran darah.

Dr Sarah Schenker, seorang ahli gizi, mengungkapkan bahwa 3 gram beta-glucan tiap hari (kurang lebih sama dengan semangkuk bubur biasa) dapat menurunkan kolesterol sebanyak 5-10%.

Baca Juga: Jangan Biarkan Batuk Ganggu Aktivitasmu, Segera Minum HerbaKOF!

Kurangi Konsumsi Gula

Sebuah penelitian di negara Amerika Serikat yang diterbitkan tahun 2014 mengungkapkan, gula bisa menjadi penyebab utama tekanan darah tinggi. Seorang peneliti kardiovaskular di St Luke Mid America Heart Institute yang memimpin penelitian tersebut,Dr James DiNicolantonio, mengungkapkan, menyakinkan konsumen untuk bisa mengatakan tidak pada gula mungkin bisa menjadi strategi diet yang lebih baik untuk bisa mengontrol tekanan darah.

Jangan duduk terlalu lama

Sebuah studi mengungkapkan bahwa duduk selama 8 jam tiap hari bisa membuat risiko penyakit jantung, diabetes, dan kanker meningkat. Seorang profesor ilmu olahraga terapan di Chester University, mengatakan, usahakan tidak duduk lebih dari 4 jam. Sesekali cobalah untuk berdiri. Ia juga menambahkan bahwa maksimal kita duduk itu hanya 2 jam dan sebaiknya diselingi dan berdiri 30 menit.

Bagaimana, tidak sulit kan untuk melakukan langkah-langkah sederhana di atas. Mari mulai membiasakannya agar risiko kita terkena serangan jantung bisa dikurangi.

home-featured jantung

Lifehacks!

komentar

0 komentar