Atasi Sariawan dengan Daun Saga

NAFAS LEGA | 20 APRIL 2017
SHARE
69

Yang kita tahu, sariawan merupakan salah satu penyakit karena kekurangan vitamin C. Untuk mengatasi penyakit ini, banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan menggunakan jenis tanaman daun saga alias Abrus precatorius L.

Di Indonesia sendiri, daun saga tumbuh subur di berbagai daerah. Tentu saja tiap daeraj punya sebutan masing-masing untuk tumbuhan yang satu ini. Misalnya di masyarakat Jawa yang menyebutnya dengan nama saga telik atau manis. Sementara di Aceh, daun saga dikenal dengan nama thaga.

Dalam keterangannya, Prof Dr Sumali Wiryowidagdo, Aptk, selaku Kepala Pusat Studi Obat Bahan Alami Universitas Indonesia, daun saga dikenal dan sudah teruji mampu mengatasi masalah sariawan.

Selain untuk sariawan, daun saga pun dikenal karena khasiatnya untuk mengatasi batuk, sering digunakan sebagai anti-parasit, anti-radang dan mengatasi panas dalam. Untuk beberapa kondisi, daun saga pun bisa kamu andalkan untuk melancarkan peredaran darah.

Tentu bukan tanpa alasan. Khasiat luar biasa dari daun saga ini tidak lepas dari kandungan vitamin C-nya yang sangat tinggi. Selain itu, daun saga pun mengandung abruslactone A, abrusgenic acid, methyl abrusgenate dan glycyrhizin.

Baca Juga: Rutin Minum Stimuno Kalau Tidak Mau Gampang Sakit!

Bagaimana cara menggunakannya?

Sederhana saja. Untuk mengusir sariawan, kamu bisa menggunakan daun saga dengan tambahan daun sirih, kemudian dikunyah secara langsung. Jangan khawatir dengan rasanya, pasalnya daun saga mengandung senyawa kimia pembawa rasa manis. Bahkan kandungannya setara 30 s/ d100 kali gula.

Alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan air rebusan daun saga untuk berkumur. Caranya, pertama rebus beberapa lembar daun saga, kemudian gunakan airnya untuk berkumur.

Selain itu, kamu pun bisa meminum langsung air rebusan daun saga. Sebagai penambah rasa nikmat, kamu bisa mencampurkan bubuk kayu manis, gula batu, daun sirih atau madu sesuai selera. Tapi ingat, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.

Kalau ingin lebih praktis, kamu bisa mengandalkan obat-obatan herbal yang diolah langsung dari tanaman daun saga. Tapi ingat, pastikan kamu membeli obat herbal dari produsen yang terpercaya, dan sudah tersertifikasi. Selamat mencoba!

daun saga sariawan

Lifehacks!

komentar

0 komentar