Atasi Nyeri Lutut dengan Perbanyak Konsumsi Serat

NAFAS LEGA | 24 JULI 2017
SHARE
187

Nyeri lutut biasanya adalah penyakit yang sering dikeluhkan oleh para orang yang sudah lanjut usia. Akan tetapi sekarang ini penyakit tersebut bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak muda lho! Sebenarnya nyeri lutut sendiri merupakan gangguan pada sendi dan tulang dimana penderita akan mengalami rasa nyeri. Mereka akan kesulitan dan merasa kesakitan saat menopang berat tubuhnya sendiri. Meskipun kelihatannya ringan, namun penyakit yang satu ini juga tidak bisa dianggap remeh. Akan sangat berbahaya sekali jika Anda sampai tidak mampu beraktivitas dengan normal, atau bahkan sampai tidak mampu berjalan.

Banyak Penyebabnya

Rasa nyeri lutut diakibatkan oleh banyak faktor, antara lain seperti cidera, keseleo, pendarahan pada sendi, infeksi sendi atau tulang, dll. Atau bisa juga karena suatu penyakit tertentu, misalnya osteoarthritis, tendonitis, dan asam urat.

Nah, untuk gejalanya sendiri juga sangat bermacam-macam. Tidak hanya merasakan nyeri saja pada bagian lutut tetapi bisa juga terjadi pembengkakan. Kemudian gejala lainnya adalah penderita mengalami demam, lutut terasa lemas, adanya bunyi gemeretak, dan ada perubahan warna pada sekitar lutut. Jika gejala-gejala tersebut muncul maka penyakitnya sudah parah dan harus segera pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Cara Mengatasi Nyeri Lutut

Jika Anda mengalami nyeri lutut yang tergolong ringan maka sebaiknya ubahlah pola hidup mulai dari sekarang. Selain rutin berkonsultasi dengan dokter, Anda juga wajib memperhatikan pola makan. Ternyata nyeri lutut bisa disembuhkan dengan rajin konsumsi makanan berserat tinggi, seperti kubis, brokoli, bayam, selada, kacang-kacangan, oats, roti gandum, dan buah-buahan. Hal tersebut dikarenakan penyakit nyeri sendi diakibatkan karena tulang yang mulai keropos dan tidak kuat lagi. Nah, dengan konsumsi banyak serat maka akan memenuhi asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, terutama pada tulang. Serat juga berfungsi untuk melindungi sistem gerak karena dapat mengurangi peradangan pada tulang.

Bahkkan ada sebuah penelitian yang menyatakan kalau orang yang banyak mengkonsumsi serat akan terhindar dari resiko nyeri pada lutut. Selain itu, mereka juga mempunyai tulang yang jauh lebih kuat serta padat.

Bagi Anda yang kini mengalami nyeri lutut, sebaiknya mulailah untuk rajin mengkonsumsi banyak serat. Anda bisa mendapatkan asupan tersebut dengan mudah karena banyak sekali jenis makanan yang mengandung serat seperti gandum, sayuran, dan buah-buahan.

nyeri lutut

Lifehacks!

komentar

0 komentar