Alasan Kenapa Disarankan Minum Susu Selepas Olahraga

NAFAS LEGA | 11 JULI 2017
SHARE
247

Menjalankan olahraga secara teratur seperti hal yang wajib dilakukan manusia jika ingin senantiasa memiliki tubuh sehat dan juga bugar. Disamping itu, memperhatikan pola makan juga sangat penting untuk menunjang pola hidup yang sehat. Para ahli gizi menyarankan agar minum segelas susu selepas olahraga. Sebenarnya apa sih kegunaan minum susu sesudah olahraga?

Susu Banyak Nutrisinya

Susu memang dipercaya sebagai minuman yang kaya akan nutrisi dan zat penting untuk tubuh manusia. Bahkan semua kandungan yang dibutuhkan tubuh ada di dalam segelas susu. Anda pasti ingat jika seorang bayi atau anak-anak kesulitan untuk makan maka solusinya pasti minum susu. Hal tersebut karena minuman tersebut mempunyai banyak sekali kandungan dan manfaat besar yang bisa menggantikan peran makanan. Karena itulah sangat dianjurkan untuk minum susu sesudah olahraga agar tubuh kembali fit dan tenaga yang hilang cepat tergantikan.

Dalam susu terdapat nutrisi penting antara lain seperti kasein, BCAA, karbohidrat, lemak, protein, kalsium, air, whey, dan sebagainya. Bahkan Anda juga akan mendapatkan manfaat berbagai macam jenis vitamin seperti vitamin A, B 12, D, K, dan zat lain seperti magnesium, biotin, dll.

Manfaat Susu untuk Olahraga

Setelah melakukan olahraga, pastinya Anda akan mengalami rasa lelah dan penat luar biasa. Apalagi jika Anda berolahraga kardio dimana membutuhkan banyak tenaga dan mengeluarkan banyak keringat. Sudah pasti badan akan menjadi sangat lemas dan membutuhkan asupan nutrisi yang banyak untuk memulihkan energi yang hilang. Itulah alasan mengapa susu sangat penting dikonsumsi ketika Anda selesai olahraga. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat minum susu sesudah olahraga :

1. Memulihkan Tenaga

Karena di dalam susu mengandung karbohidrat dan gula maka tenaga akan kembali pulih dengan cepat. Jadi tubuh tidak perlu lagi menunggu terlalu lama karena bisa mendapatkan energi pengganti dengan mengkonsumsi segelas susu.

2. Meningkatkan Massa Otot

Penelitian di Kanada telah membuktikan jika minum susu sesudah olahraga mampu meningkatkan massa otot manusia. Hal tersebut karena di dalamnya terdapat kasein dan whey yang berguna untuk membuat otot menjadi padat.

3. Menghancurkan Lemak

Percayakah Anda jika susu ternyata mampu membantu membakar lemak tubuh dengan lebih cepat? Ya, hal tersebut memang benar karena terdapat zat kalsium di dalamnya, Kalsium dapat mengurangi lemak di dalam tubuh dan mengurangi rasa lapar.

Sekarang Anda sudah tau dan mengerti bukan mengapa minum susu sesudah olahraga sangat disarankan? Mulai sekarang, cobalah rutin melakukan kebiasaan tersebut demi mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

olahraga

Lifehacks!

komentar

0 komentar