5 Manfaat Kesehatan Ini Bisa Didapat dari Jamur

NAFAS LEGA | 27 APRIL 2017
SHARE
1081

Nggak cuma lezat, jamur diketahui sebagai salah satu bahan makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup melimpah. Bagaimana tidak, jamur diketahui mengandung vitamin, mineral dan gizi lainnya dengan jumlah yang sangat melimpah.

Dilansir dalam Fitness Magazine, berikut merupakan 5 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari rutin mengonsumsi jamur.

Kaya akan vitamin B

Untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh, kamu membutuhkan asupan vitamin B seperti riboflavin, niasin dan folat yang cukup. Nah, kandungan inilah yang terdapat dalam beberapa jamur, seperti jamur portobello yang mengandung lebih banyak folat ketimbang jamur crimini.

Sementara untuk kamu yang membutuhkan vitamin B6, jamur shitake merupakan pilihan utama karena kandungan ini diketahui jauh lebih banyak ketimbang jenis jamur lainnya.

Mengandung vitamin D

Selain diproduksi tubuh secara alami dengan bantuan sinar matahari, vitamin D bisa kamu dapatkan dari beberapa makanan, termasuk jamur. Vitamin D sendiri sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, memaksimalkan fungsi otot, saraf dan memaksimalkan sistem kekebalan tubuh.

Jika ingin lebih maksimal, konsumsilah jamur bersama dengan beberapa makanan lainnya yang kaya nutrisi, termasuk ikan dan telur.

Baca Juga: Jangan Sampai Kembung Ganggu Aktvitasmu? Segera Minum HerbaVOMITZ!

Menunda penuaan

Kandungan antioksidan dalam jamur diketahui ampuh memerangi radikal bebas penyebab kanker dan penyakit lainnya. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam jamur pun diketahui efektif untuk menunda datangnya penuaan dengan mengaktifkan sistem regenerasi sel baru yang lebih maksimal.

Keunggulan lainnya, jamur merupakan sumber selenium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi, menjaga fungsi kelenjar tiroid, memaksimalkan produksi DNA, dan lainnya

Rendah kalori

Buat kamu yang sedang diet, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi jamur. Pasalnya, jamur merupakan makanan dengan kandungan kalori yang sangat rendah, punya kandungan serat yang tinggi. Keunggulan inilah yang membuat jamur cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

Dalam sebuah penelitian menyebut jika 1 mangkuk jamur cokelat atau putih mentah, mengandung sekitar 20 kalori dan protein sebanyak 2 gram.

Meningkatkan cita rasa

Nggak perlu bumbu berlebih, kamu bisa menggunakan jamr sebagai penguat rasa. Jika dimasak dengan bahan makanan lainnya, jamur akan memunculkan aroma lezat dan rasa yang lebih gurih. Itu artinya, kamu akan terhindar dari penggunaan garam, MSG dan penyedap rasa secara berlebih.

Gimana, sekarang nggak ragu lagi kan menjadikan jamur sebagai salah satu makanan wajib yang harus dikonsumsi tiap hari?

Lifehacks!

komentar

0 komentar