Tips Ampuh Mencegah Makan Berlebihan

LIFEHACKS! | 28 NOVEMBER 2017
SHARE
27

Makan secara berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas. Bila Anda memiliki kebiasaan buruk dan tak sehat ini, maka Anda harus mencoba untuk menghentikannya. Dibutuhkan komitmen kuat untuk bisa melakukannya. Inilah beberapa tips mudah untuk mencegah makan yang berlebihan.

Makan Permen Karet

Beberapa orang selalu ingin mengunyah walaupun sebenarnya perut sudah terasa kenyang. Bila Anda termasuk salah satunya, maka Anda harus mengganti makanan dengan permen karet. Kunyahlah permen karet saat Anda merasa ingin mengunyah.

Minum Air Putih

Setelah Anda mencoba menghentikan makan berlebihan dengan permen karet, maka tak ada salahnya untuk minum air putih untuk mengendalikan makan yang berlebihan. Minumlah air putih sebanyak – banyaknya, maka Anda akan merasa lebih kenyang dan enggan untuk makan lagi.

Memakai Piring Kecil

Cara selanjutnya adalah dengan memakai piring kecil. Pilihlah wadah makanan berukuran kecil saat Anda ingin makan. Hal ini membuat porsi makanan yang hendak dimakan akan jauh terbatas dan membuat Anda merasa lebih kenyang. Secara tak langsung, cara ini bisa membantu mengurangi kebiasaan makan berlebihan.

Kunyahlah Makanan dengan Pelan – Pelan

Saat Anda merasa lapar dan ingin makan, maka segeralah ambil makanan. Makanlah dengan santai dan pelan – pelan. Jangan pernah makan terlalu terburu – buru karena ini berdampak buruk pada nafsu makan Anda. Makan pelan – pelan akan memberikan waktu terhadap otak untuk mengirimkan sinyal bahwa Anda sudah kenyang. Jadi, nikmatilah makanan ataupun hidangan di depan Anda dengan santai.

Hindari Alkohol

Langkah selanjutnya adalah menghindari alkohol. Kenapa? Alkohol mengandung banyak sekali kalori yang bisa merusak keinginan Anda untuk makan. Kebiasaan makan berlebih akan susah dihentikan bila Anda terlalu sering mengkonsumsi alkohol.

Menggosok Gigi

Tips terakhir yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebiasaan makan berlebih adalah dengan menggosok gigi. Gosoklah gigi bila Anda ingin makan teratur. Selain bisa mencegah terjadinya sakit gigi, gosok gigi juga akan mengontrol nafsu dan pola makan yang berlebihan. Lakukanlah beberapa langkah diatas agar nafsu dan pola makan lebih terkontrol dan teratur.

makan berlebihan

Lifehacks!

komentar

0 komentar