Selalu Konsumsi Karbohidrat Saat Sarapan agar Otak Tidak Lemot!

LIFEHACKS! | 17 OKTOBER 2017
SHARE
8

Apakah Anda sudah sarapan? Sarapan adalah waktu makan paling penting untuk Anda. Dari makanan yang Anda makan saat sarapan, Anda akan mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan energi dan nutrisi ini, Anda akan dapat menjalankan kegiatan Anda hari itu dengan lancar. Nah, salah satu hal yang penting yang harus ada di sarapan Anda adalah karbohidrat.

Pentingnya Karbohidrat

Karbohidrat mengandung gula dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Dengan mengonsumsi karbohidrat saat sarapan, kebutuhan tubuh Anda akan energi dapat terpenuhi. Dan, dengan energi terpenuhi, otak Anda akan lebih aktif. Otak yang lebih aktif akan membuat Anda lebih fokus menjalankan pekerjaan Anda. Anda juga tidak akan merasa mengantuk, yang dapat menghambat pekerjaan Anda.

Perlu Anda ketahui, otak merupakan organ tubuh yang memerlukan energi paling banyak diantara organ tubuh lain. Bahkan, menurut penelitian, otak menggunakan 40% dari energi yang dihasilkan oleh tubuh Anda dari proses mencerna makanan yang Anda makan. Karena itu, karbohidrat, zat yang menjadi sumber utama untuk diubah menjadi energi, harus ada dalam menu sarapan Anda. Menurut Dr. Samuel Oetoro, agar kebutuhan energi otak kita dapat terpenuhi, kita harus mengonsumsi setidaknya 120 gram  karbohidrat setiap hari.

Jenis Karbohidrat yang Tepat Untuk Sarapan

Karbohidrat memang penting, tapi Anda tidak bisa sembarangan memilih makanan yang mengandung karbohidrat. Akan lebih baik, bila Anda memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini mengandung serat lebih banyak. Jadi, proses pencernaan dapat berjalan lebih baik lagi. Hal ini akan membuat tubuh Anda dapat menyerap lebih banyak nutrisi yang berguna. Dan, inilah yang akan dapat meningkatkan energi yang dapat diperoleh tubuh Anda.

Sedangkan untuk jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, ada beberapa pilihan. Misalnya, Anda dapat memilih nasi merah, kentang atau ubi jalar. Tiga jenis makanan ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan karbohidrat saat sarapan. Atau, bila Anda sulit menemukannya, Anda dapat menggantinya dengan roti gandum jenis wholebread.

karbohidrat sarapan

Lifehacks!

komentar

0 komentar