Sakit Kepala? Oleskan Saja Jeruk Nipis ke Dahi

LIFEHACKS! | 21 JANUARI 2016
SHARE
113

Nama jeruk nipis sudah cukup dikenal luas di Indonesia. Selain kerap digunakan sebagai bumbu masakan dan menyegarkan minuman, buah dengan nama latin Citrus aurantifolia ini pun dikenal luas khasiatnya sebagai bahan herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Dalam industri makanan, air perasan jeruk nipis biasa digunakan sebagai bahan pembuat asam sitrat. Bahkan karena kandungan asamnya yang tinggi, jeruk nipis kerap digunakan sebagai pembersih karat pada logam, memberishkan lemak membandel di alat masak dan mengatasi bau amis.

Dalam dunia pengobatan herbal, jeruk nipis kerap dimanfaatkan airnya untuk diolah menjadi bahan obat-obatan, seperti campuran ramuan obat tipus, sebagai obat batuk, peluruh kencing, peluruh dahak dan melancarkan sistem pencernaan.

Apa saja sih kandungan dari jeruk nipis?

Jeruk nipis kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan, diantanya adalah minyak terbang limonene dan linalool, kaya akan flavonoid seperti naringin, poncirin, dan lainnya. Sementara buahnya sendiri mengandung synephorine dan N-metyltyramine.

Tidak hanya mengandung asam sitrat, fosfor, kalum, zat besi dan vitamin A, B1, dan C, ternyata jeruk nipis pun mengandung asam sitrat yang ampuh untuk mencegah kekambuhan pada pasien pasca menjalani operasi batu ginjal.

Atasi sakit kepala

Selain khasiat dan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya, satu lagi manfaat yang tidak kalah menariknya dari jeruk nipis ini, yakni ampuh untuk mengatasi sakit kepala.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah, pertama ambil satu buah jeruk nipis, kemudian campurkan dengan beberapa helai daun jeruk nipis. Air perasan jeruk nipis ini kemudian dilumatkan bersama daun jeruk nipis, dan oleskan ramuan tersebut di bagian pelipis, dahi dan tengkum. Hanya dalam beberapa menit, sakit kepala anda pun akan lenyap.

Cara lainnya untuk mengatasi sakit kepala dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan segelas air, masukan ke dalam lemari es, dan setelah itu minum air perasan jeruk nipis tersebut dalam keadaan dingin.

Bagaimana, cukup mudah bukan? Itulah khasiat jeruk nipis, dan keunikannya yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

lifehacks jeruk nipis atasi sakit kepala

Lifehacks!

komentar

0 komentar