Kontrol Gula Darah dengan Kayu Manis!

LIFEHACKS! | 31 JANUARI 2016
SHARE
132

Sebagai orang yang menderita diabetes, tentu saja makanan manis merupakan jenis makanan yang wajib dijauhi, apalagi jika makanan tersebut mengandung gula berlebih, seperti minuman bersoda, teh manis, cake dan makanan manis lainnya.

Walaupun begitu, tahukah anda jika tidak semua yang manis harus anda hindari? Salah satunya adalah kayu manis. Bahkan banyak penelitian yang menyatakan jika rasa manis yang disajikan dari akar manis ini merupakan yang terbaik dan aman dikonsumsi penderita diabetes.

Seperti dilansir dalam Live Science, sebuah penelitian terbaru dari Western University of Health Sciences di California, menyatakan jika kayu manis tidak hanya nikmat sebagai penambah rasa oatmeal, lebih dari itu, kayu manis pun ternyata ampuh untuk mengontrol kadar gula darah.

Dalam penelitian tersebut, Olivia Phung, selaku ketua peneliti, emnemukan sebuah fakta jika pasien yang memiliki penyakit diabetes tipe-2 dan mengonsumsi suplemen kayu manis sebagai pemanis makannya, cenderung memiliki tingkat FPG (Fasting Plasma Glucose) yang lebih rendah.

Tidak hanya itu, dalam penelitian ini pun disebutkan jika kayu manis ampuh untuk meningkatkan kesehatan jantung, menjaga berat badan dalam kondisi normal, mengurangi timbunan kolesterol buruk (LDL) sekaligus ampuh untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Menurtu menurut Olivia, kau manis memiliki efek ganda bagi para penderita diabetes. Secara khusus, rasa manis dari kayu manis ini sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan bagi para penderita diabetes tipe-2 dengan cara menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Tidak hanya itu, kayu manis pun efektif untuk mengendalikan pergerakan kolesterol jahat, sehingga orang yang mengonsumsinya akan terhindari dari penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat, seperti darah tinggi, strok, diabetes dan lainnya.

Sayangnya, Olivia menyatakan jika pihaknya belum bisa menemukan seberapa besar formula yang harus dibubuhkan dalam suplemen kayu manis untuk mengatasi diabetes. Hanya saja, lewat penelitian ini, Olivia ingin mengajak penderita diabetes untuk tidak takut lagi dengan berbagai makanan manis.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba kehebatan terapi kayu manis ini?

lifehacks kayu manis kontrol gula darah

Lifehacks!

komentar

0 komentar