Getah Pelepah Pisang Bisa Membantu Mengatasi Luka Terbuka?

LIFEHACKS! | 18 FEBRUARI 2016
SHARE
123

Seperti kita ketahui, pelepah pisang biasanya akan disimpan di pojokan kebun atau di kubur sebagai kompos. Dalam hal ini, pohon pisang memang dikenal sebagai pendingin tanah sekaligus berperan sebagai pupuk alami penyubur tanah.

Tapi selain itu, ternyata ada manfaat lain yang dimiliki oleh pelepah pisang ini, yakni mampu mengatasi luka terbuka dan mempercepat proses penyembuhannya. Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi, UGM, Yogyakarta.

Dalam keterangannya, Rahma Ningsih, salah satu tim peneliti menyatakan jika penelitian ini didasari oleh kebiasaan masyarakat pedesaan yang biasa merawat luka dengan hanya mengoleskan getah batang pisang, dan mereka percaya jika cara ini akan mempercepat proses penyembuhan.

Sesuai dengan jurusan para mahasiswa ini, penelitian ini pun lebih difokuskan kepada penyembuhan luka pasca melakukan proses pencabutan gigi. Menurut Rahma, mempercepat penyembuhan luka pasca pencabutan gigi merupakan hal yang perlu dilaukan karena potensi infeksi yang sangat besar.

Dalam penelitian ini, para mahasiswa ini mengolah getah pisang menjadi sebuah salep dengan konsentrasi 80 persen dan diujicobakan pada marmut. Dan hasilnya, dengan mengoleskan salep pelepah pisang ini, terbukti penyembuhan luka berjalan lebih cepat 5 s/.d 10 hari.

Penelitian yang terinspirasi dari pola pengobatan luka masyarakat pedesaan ini berhasil memenangi medali emas dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa 2010 Kementerian Pendidikan Nasional, yang dilaksanakan pada Bulan Juli Silam untuk kategori Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian.

Lantas, apa semua jenis pisang memiliki khasiat yang sama?

Mengenai hal ini, Yosaphat Bayu Rosanto, salah satu peneliti menyatakan jika pisang yang digunakan bisa diambil dari jenis apapun. Pasalnya, semua jenis pisang mengandung komposisi getah yang sama, yakni saponin, asam askorbat dan flavonoid.

Saponin sendiri berfungsi untuk meningkatkan pembentukan pembuluh darah baru di bagian luka, sedangkan asam askorbat ampuh untuk memperkuat dan mempercepat proses pertumbuhan kolagen baru, dan flavonoid ampuh untuk memperpendek waktu peradangan yang bisa menghambat proses penyembuhan luka.

Bagamana, kamu sudah pernah membuktikan khasiat dari getah pisang ini?

pelepah pisang mengatasi luka terbuka

Lifehacks!

komentar

0 komentar