Buang Angin Tak Terkontrol? Yuk Kenali Penyebabnya

LIFEHACKS! | 12 JANUARI 2016
SHARE
209

Ketika mengonsumsi makanan, ada beberapa jenis makanan yang mengandung gas ikut kita konsumsi, misalnya saja jamur, kol, brokoli dan lainnya. Walaupun begitu, gas yang masuk dalam tubuh itu tidak akan disimpan, melainkan akan di buang keluar lewat sendawa atau buang angin.

Sebenarnya, proses ini merupakan hal yang normal. Tapi yang jadi tidak normal itu ketika kita bersendawa atau buang angin secara berlebihan. Selain memalukan dan tidak sopan, buang angin pun akan membuat perasan tidak nyaman. Dan ini jelas ada yang salah!

Lantas, apa sih penyebab dari buang angin berlebih ini? Berikut merupakan pemaparanya, seperti dilansir dalam iDiva.

Makan angin

Bukan hanya istilah lho, makan angin merupakan sebuah kondisi untuk menunjukan dimana anda makan dengan cara tergesa-gesa, dan bahkan tanpa mengunyahnya sama sekali. Selain itu, istilah makan angin pun bisa ditujukan kepada orang yang hobi mengunyah permen karet.

Makanan yang menimbulkan gas

Seperti disebutkan diatas, beberapa makanan ada yang memiliki kandungan gas yang banyak. Ketika anda mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak , otomatis gas yang masuk ke perut pun akan semain besar, dan akhirnya anda pun akan lebih sering buang angin.

Minuman bersoda

Ketika mengonsumsi minuman bersoda, biasanya anda akan cenderung bersendawa. Tapi ingat, gas dari minuman bersoda ini tergolong tinggi. Jadi jangan heran kalau anda tiba-tiba saja jadi sering buang angin pasca mengonsumsi minuman bersoda.

Merokok

Merokok merupakan bad habit yang harus dihindari. Tidak hanya dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan, kebiasaan merokok pun bisa membuat konsenstrasi gas dalam perut anda meningkat, dan akhirnya anda pun akan buang gas lebih sering.

Makanan berlemak

Selain makanan mengandung gas, ternyata buang angin yang tidak terkontrol bisa disebabkan karena abda terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berlemak, terutama makanan yang digoreng. Makanan jeis ini dapat memicu gas berlebih, sehingga akan membuat anda lebih sering buang angin.

Selain beberapa penyebab di atas, buang angin yang tidak terkontrol pun merupakan isyarat ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan anda. Untuk itu, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut.

lifehacks buang angin berlebihan penyebab buang angin

Lifehacks!

komentar

0 komentar