Berbahayakah Makan Mie Instan Dicampur Nasi?

LIFEHACKS! | 11 OKTOBER 2017
SHARE
9

Mie instan sering kita anggap sebagai lauk praktis. Tinggal memasaknya selama 3 menit, kita bisa memakannya dengan sepiring nasi, maka kita mendapatkan hidangan lezat. Namun, perlu Anda ketahui, ternyata memakan mie instan dengan nasi seperti ini tidaklah baik. Mengapa?

Karbohidrat dan Gula Darah

Nasi adalah sumber karbohidrat, sama halnya dengan mie instan. Jadi, saat kita mencampur dua makanan ini, sama saja kita menambah asupan karbohidrat dalam menu kita sehari-hari. Dan hal itu tidaklah baik untuk dilakukan.

Menurut Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK. mie instan mengandung karbohidrat dari bahan tepung yang digunakan untuk membuatnya. Pengolahan tepung yang berulang ini membuat kandungan karbohidrat di dalamnya cukup tinggi. Sedangkan nasi adalah sumber karbohidrat utama. Karbohidrat sendiri adalah zat yang diubah menjadi energi, karena ada kandungan glukosa di dalamnya.

Jadi, bila Anda mencampur mie instan dan nasi, maka jumlah gula yang Anda konsumsi juga naik. Hal ini dapat meningkatkan gula darah Anda. Dan, akibat terburuk yang bisa terjadi adalah Anda terserang diabetes.

Kegemukan

Bahaya lain dari mencampur nasi dan mie instan adalah obesitas alias kegemukan. Hal ini masih berhubungan dengan karbohidrat berlebih. Karena banyaknya karbohidrat yang dikonsumsi, tubuh Anda akan mendapatkan kalori berlebihan juga. Kalori yang terkandung dalam sebungkus/seporsi mie instan mencapai 400 kalori. Bila dicampur dengan nasi, Anda akan mengonsumsi sekitar 700 hingga 800 kalori atau setengah dari kebutuhan normal kalori per hari, yaitu 1500 kalori.

Tubuh Anda hanya akan menggunakan jumlah kalori secukupnya. Sisanya diubah menjadi lemak dan disimpan di bawah kulit. Hal inilah yang dapat menambah berat badan Anda. Dan akhirnya, Anda mengalami masalah obesitas.

Bolehkah Mengonsumsi Mie Instan dan Nasi?

Boleh, asalkan Anda tidak berlebihan mengonsumsi. Anda bisa mengaturnya, misalnya sebulan atau 2 bulan sekali. Kalau Anda mengonsumsinya dengan rentang waktu seperti ini, maka masalah tersebut tidak akan terjadi.

Tentunya, Anda juga harus menjalani hidup sehat dan makan makanan sehat dil uar itu. Jadi, kuncinya di sini adalah tidak berlebihan memakannya. Masalah di atas hanya dapat terjadi bila Anda terlalu sering memakan campuran mie instan dan nasi tersebut.

mie instan nasi

Lifehacks!

komentar

0 komentar