Benarkah Rutin Olahraga Bisa Membuat Nafsu Makan Meningkat?

LIFEHACKS! | 07 NOVEMBER 2017
SHARE
8

Bukan cuma membugarkan dan menyehatkan tubuh, berolahraga terbukti mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Bila terus diabaikan, Anda pun akan kesulitan mengontrol keinginan makan. Keri Gans—penulis buku The Small change Diet—mengatakan sebagian besar orang cenderung menyantap makanan kurang sehat setelah olahraga sebagai ‘reward’. Gans menambahkan, kita diizinkan makan untuk isi ulang tenaga selama caranya benar dengan kiat-kiat berikut ini:

  • Membuat batasan dalam berolahraga

Anda ingin mempunyai tubuh langsing atau berotot? Olahraga merupakan cara alami yang dapat kita ambil, tetapi pastikan ada batasannya. Orang-orang yang terobsesi mendapat tubuh ideal secara instan akan melakukan apa saja. Misalnya mempraktikkan latihan fisik yang tidak sesuai kondisi badan. Hal ini berpotensi menimbulkan kelelahan bahkan cedera parah. Keinginan makan pun meroket karena Anda membuang banyak tenaga saat berolahraga.

  • Mengisi perut sebelum memulai latihan

Berolahraga, seringan apa pun itu, mustahil dilakukan tanpa adanya asupan tenaga. Maka, Anda harus mengisi perut dengan makanan atau kudapan sehat yang mengandung karbohidrat, lemak sehat, hingga protein. Misalnya dengan memakan apel, kacang almond, cokelat hitam, atau bubur kacang hjau tanpa santan. Olahraga dalam keadaan perut kosong malah akan memicu Anda makan apa saja dalam jumlah berlebihan.

  • Pastikan cairan dalam tubuh tercukupi

Selain asupan gizi dan nutrisi dari makanan, kadar cairan dalam tubuh pun harus tercukupi kalau Anda mau berolahraga dengan benar. Minum air putih saja mungkin tidak akan menahan lapar dalam jangka waktu lama. Namun setidaknya kebiasaan ini bakal menjaga cairan dalam tubuh dan menghindari risiko seperti dehidrasi yang dapat menimbulkan hal-hal buruk bila diabaikan. Minum air putih di sela latihan pun bakal menaikkan energi dalam tubuh.

  • Perbanyak makanan yang kaya serat

Makanan yang kaya akan kandungan serat terbukti dapat menahan nafsu makan. Ingin mengendalikan rasa lapar tak terhingga selepas olahraga? Upayakan untuk menyantap hidangan rendah kalori dan tinggi serat. Contohnya seperti serelia utuh atau gandum, sayur—terutama yang hijau seperti bayam dan kale, buah, serta protein dari telur, daging, dan ikan. Atur asupan makanan berserat ini sebaik mungkin supaya latihan fisik Anda tetap terjaga.

  • Makan dalam porsi sedikit, tetapi sering

Kiat terakhir yang dapat membantu Anda menahan lapar selepas olahraga adalah makan dalam porsi sedikit, tetapi sering. Apalagi kalau Anda tidak ingin menambah berat badan. Kebiasaan ini membantu tubuh Anda dalam meningkatkan metabolisme. Pilihlah jenis makanan bergizi untuk santap siang, lantas camilan sehat disantap sebelum berolahraga. Untuk mengisi ulang tenaga yang terbuang setelah Anda olahraga, konsumsi buah atau sayuran kukus.

Semoga tips ini membantu Anda menjaga nafsu makan setelah berolahraga!

rutin olahraga nafsu makan

Lifehacks!

komentar

0 komentar