Benarkah Mengunyah Jahe Bisa Melegakan Pernafasan?

LIFEHACKS! | 13 FEBRUARI 2016
SHARE
161

Jahe merupakan bumbu masakan yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain melezatkan masakan, jahe pun kerap digunakan sebagai minuman kesehatan untuk meningkatkan stamina, mengatasi pegal, linu, mengobati flu, menghangatkan tubuh dan berbagai manfaat lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa orang pun kerap mengunyah jahe segar untuk mengencerkan dahak, mencegah mabuk perjalanan, sekaligus untuk melegakan pernafasan dan masalah pernafasan lainnya. Tapi apakah benar jahe bisa melegakan pernafasan?

Seperti dilansir dalam Boldsky, jahe merupakan salah satu tanaman obat yang cukup banyak disebutkan dalam metode pengobatan Ayurveda ataupun rahasia kesehatan China. Bahkan dalam Ayurveda, jahe disebut sebagai tanaman asli yang benihnya langsung diambil dari Nirwana.

Tidak hanya itu, banyak penelitian membuktikan jika dengan hanya mengunyah jahe, maka permasalah nafas yang tidak sedap akan segera tuntas. Lebih dari itu, sensasi hangat dalam jahe ampuh mengatasi sakit tenggorokan, dan aromanya yang khas akan memberikan efek relaksasi yang menakjubkan.

Bagaimana caranya?

Untuk mengunyah jahe, cara paling mudah adalah dengan menghilangkan dulu kulitnya, kemudina kunyahlah jahe seukuran ruas jahe. Cara lainnya sekaligus yang paling mudah adalah, dengan membeli permen jahe tanpa gula, kemudian mengunyahnya seperti ketika kamu mengunyah permen karet.

Cara lainnya, kamu bisa menggunakan jahe untuk membuat minuman kesehatan, seperti wedang jahe atau minuman lainnya yang berbahan dasar jahe. Caranya, tumbuh jahe, kemudian rebus bersama dengan gula aren atau kayu manis. Minuman kesehatan ini sangat baik disajikan selagi hangat.

Alternatif lainnya, kamu bisa mengunyah biskuit jahe. Produk seperti ini memang bida dengan mudah kamu dapatkan di toko-toko terdekat. Tapi kalau kamu ingin membuatnya sendiri, bisa kok. Cara pembuatannya sama dengan cara membuat biskuit pada umumnya, hanya saja menggunakan jahe sebagai bahan utamanya.

Intinya, bagaimanapun cara kamu mengolahnya, jahe tetap konsistem memberi manfaat yang kurang lebih sama. So, kreatiflah dalam membuat ramuan jahe untuk menjaga nafas tetap segar dan tubuh tetap sehat penuh tenaga. Selamat berkreasi dengan jahe!

melegakan pernapasan mengunyah jahe

Lifehacks!

komentar

0 komentar