Begini Cara Kerja Cuka Meredakan Sengatan Ubur-ubur

LIFEHACKS! | 06 JANUARI 2016
SHARE
115

Bermain di pantai merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama orang-orang tercinta. Tapi sayangnya, pantai yang bersih pun tidak lepas dari risiko bahaya yang mengancam, salah satunya adalah bahaya senagat ubur-ubur.

Di pantai Australia sendiri, jumlah kematian akibat sengatan ubur-ubur Kotak atau Box Jellyfish, terus meningkat dari tahu ke tahun. Alhasil, Australian Resuscitation Council pun kemudian memberikan penyuluhan untuk segera menangani sengatan ubur-ubur dengan menggunakan cairan cuka.

Lho, apa hubungannya air cuka dan racun ubur-ubur?

Sebenarnya cara mengatasi senagat ubur-ubur dengan menggunakan cuka masih banyak didebat oleh beberapa ilmuwan. Bahkan beberapa diantaranya menyebutkan jika klaim cuka yang efektif untuk meredakan sengatan ubur-ubur, merupakan mitos belaka.

Terlepas dari semua itu, hampir seluruh penjaga pantai di Australia justru merekomendasikan air cuka untuk mengatasi masalah ini. Selama ini, air cuka terbukti ampuh untuk menghambat injeksi racun ubur-ubur, dan mencegahnya agar tidak menyebar ke dalam dalam tubuh.

Selain itu, menurut Palang Merah Inggris, dalam penelitiannya menyatakan jika cuka memiliki zat khusus yang ampuh untuk meredakan luka, sekaligus sebagai anti racun ubur-ubur. Maka dari itu, penggunaan cuka cukup beralasan untuk mengatasi sengatan ubur-ubur.

Faktanya, dilapangan sendiri banyak orang yang justru sangat percaya dengan hal ini. Dalam beberapa kasus sengatan ubur-ubur, hampir seluruh korban bisa ditolong dengan menggunakan metode pengobatan cuka, dan ampuh untuk mencegah risiko buruk terjadi.

Cara lain atasi sengatan ubur-ubur

Selain dengan mengguakan cuka, ada cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi senagatan ubur-ubur, salah satunya dengan menggunakan air laut. Menurut Joe Mulligan, selaku kepala Palang Merah Inggris, air laut merupakan salah satu penawar terbaik sengatan ubur-ubur selain cuka.

Seperti dilansir dalam The Telegraph, Joe menyarankan anda untuk segera keluar dari air ketika merasa tersengat ubur-ubur. Setelah itu, cuci bersih luka sengatan dengan menggunakan air laut. Menurut Joe ini akan sangat menyakitkan, tapi setidaknya lebih baik daripada harus kehilangan nyawa.

Terlepas dari semua itu, alangkah lebih baik jika kita lebih berhati-hati lagi ketika bermain ke pantai. Lagian, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

lifehacks cuka meredakan sengatan ubur-ubur ubur-ubur

Lifehacks!

komentar

0 komentar