Atkins, Program Diet yang Membolehkan Konsumsi Lemak

LIFEHACKS! | 11 DESEMBER 2017
SHARE
8

Tidak tahan melihat daging saat menjalankan diet? Mungkin sudah waktunya bagi Anda mengganti program dengan diet Atkins. Diet yang digagas dokter bernama Robert C. Atkins ini malah menyarankan Anda buat mengonsumsi lemak untuk mengurangi berat badan berlebih. Bagaimana caranya?

Tata cara pelaksanaan diet Atkins

Dalam diet Atkins, Anda akan berhadapan dengan pola makan tinggi lemak dan protein serta rendah karbohidrat. Sekilas, program ini tampak kurang bagus untuk kesehatan. Akan tetapi, lebih dari 20 studi selama 12 tahun mengemukakan bahwa diet Atkins mampu menurunkan bobot tubuh.

Sumber lemak dan protein dalam diet Atkins tidak boleh dipilih sembarangan, karena dalam program ini Anda hanya boleh memakan makanan dengan lemak tak jenuh HDL. Jenis lemak baik tersebut sanggup melindungi kesehatan jantung, mengendalikan gula darah, dan mencegah kegemukan.

Menu makanan diet Atkins pada dasarnya terdiri atas protein murni atau rendah lemak, sayuran tinggi serat, dan lemak tak jenuh HDL. Rendahnya asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan meningkatkan proses metabolisme, sehingga jumlah lemak yang terbakar pun lebih banyak.

Diet Atkins dibagi jadi empat fase, yakni:

  • Fase 1 (induksi). Dalam fase ini, tubuh akan mengganti sumber energi dari karbohidrat menjadi lemak. Proses bernama ketosis tersebut akan membuat berat badan cepat turun. Anda juga tidak boleh memakan sumber karbohidart lebih dari 20 gram dalam dua minggu. Perbanyak konsumsi sumber lemak sehat, protein tinggi, serta sayuran hijau dengan kadar karbohidrat rendah;
  • Fase 2 (balancing). Pada tahap balancing, Anda harus menambah sayuran rendah karbohidrat, kacang-kacanga, dan sedikit buah pada menu makan. Asupan konsumsinya pun dibatasi, yakni sekitar 15 sampai 20 gram per porsi. Usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi;
  • Fase 3 (fine-tunning). Ketika memasuki fase ini, Anda hampir mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. Untuk memaksimalkannya, tambahkan sedikit saja sumber karbohidart di menu makan—sekitar 10 gram sampai bobot tubuh perlahan berkurang;
  • Fase 4 (maintenance). Di tahap terakhir, Anda diperbolehkan makan karbohidrat sehat, karena tubuh Anda sudah mampu menoleransinya tanpa menambah berat badan.

Hindari makanan-makanan seperti buah tinggi karbohidrat (pisang, apel), minyak sayur, biji-bijian utuh (gandum), soft drinks, dan makanan berlabel diet atau rendah lemak. Bertahanlah pada menu makan diet Atkins yang sudah ditentukan.

atkins diet

Lifehacks!

komentar

0 komentar