Alasan Kenapa Sebaiknya Hindari Makan Terlalu Cepat

LIFEHACKS! | 25 DESEMBER 2017
SHARE
28

Saat kita makan makanan yang kita suka, biasanya karena terlalu menikmati kelezatannya, kita memakannya dalam waktu yang cepat. Kita tidak mengunyahnya dengan benar dan langsung menelannya. Atau, saat Anda harus cepat pergi bekerja atau sekolah, Anda mengkonsumsi menu sarapan dengan cepat, guna menghemat waktu agar tidak terlambat. Memang, cara ini efektif untuk menghemat waktu Anda. Tetapi, pertanyaan pentingnya, apakah aman mengkonsumsi makanan dengan cara seperti ini? Jawabannya adalah tidak. Berikut, beberapa alasannya.

Tersedak

Bila Anda makan terlalu cepat, ada kemungkinan Anda akan tersedak. Ingat, tenggorokan Anda bukan hanya jalan untuk makanan Anda, tetapi juga napas Anda. Saat Anda menelan, maka saluran pernapasan akan menutup. Begitu pula saat Anda bernapas, saluran untuk menelan juga menutup. Hal ini terjadi secara bergantian. Bila Anda makan terlalu cepat, ada satu waktu dimana kedua saluran ini terbuka. Dan, bila ini terjadi, maka akan ada makanan yang masuk saluran pernapasan dan menutupnya. Anda tidak bisa bernapas, sesak dan bila tidak ada pertolongan, nyawa bisa melayang.

Tidak Baik untuk Pencernaan

Memang, di dalam lambung kita terdapat zat asam yang dapat menghancurkan makanan. Gerakan peristaltik dari saluran pencernaan juga dapat membantu menghancurkan makanan sehingga mudah diserap. Tetapi, bila kita tidak mengunyahnya dengan benar, maka makanan yang kita telan masih dalam bentuk yang keras. Hal ini akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras. Alhasil, zat dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak terserap sempurna. Dan, sistem pencernaan juga bekerja lebih keras dari biasanya, yang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Kadar Kalori Naik

Menurut penelitian yang terbit di The Journal of The American Dietetic Association, bila Anda makan terlalu cepat, kadar kalori per hari yang Anda makan juga meningkat. Hal ini berhubungan dengan pencernaan tadi. Karena makanan masih terlalu keras, maka pencernaan tidak dapat menyerap zat yang berguna untuk membentuk energi. Dan, tubuh akan terus berusaha memberitahu Anda untuk makan lagi, yang mengakibatkan kalori yang masuk meningkat.

makan terlalu cepat

Lifehacks!

komentar

0 komentar