Adakah Efek Samping Dalam Rutin Mengunyah Cengkeh?

LIFEHACKS! | 03 FEBRUARI 2016
SHARE
170

Cengkeh merupakan bumbu masakan yang memiliki banyak sekali khasiat. Tidak hanya menyegarkan nafas saja, cengkeh pun dipercaya ampuh sebagai pembunuh bakteri dalam mulut, mengatasi mual, menyehatkan sistem pencernaan, meredakan batuk dan lainnya.

Tidak hanya itu, cengkeh pun sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi masalah sakit gigi. Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengunyah beberapa butir cengkeh kering, kemudian buang setelah cengkeh tersebut terasa lembut.

Cara lainnya, kamu pun bisa meneteskan minyak cengkeh ke dalam kapas, kemudian tekankan di lokasi gigi kamu yang sakit. Untuk cara yang ini, sangat cocok dilakukan pada gigi yang berlubang. Hanya dalam beberapa menit saja, gigi yang sakit pun akan segera musnah.

Tapi apakah rutin mengunyah cengkeh bisa menimbulkan efek samping?

Selama digunakan dalam kondisi normal dan tidak secara berlebihan, cengkeh sebenarnya relatif aman dan tanpa efek samping. Tapi dalam beberapa kondisi, misalnya kamu yang memiliki alergi terhadap cengkeh dan memiliki riwayat pendarahan, sebaiknya jangan terlalu sering mengunyahnya.

Bagi beberapa orang, cengkeh bisa menimbulkan alergi berupa anafilaksis atau reaksi alergi yang parah. Kebanyakan reaksi alergi ini muncul kepada mereka yang menggunakan minyak cengkeh. Reaksi alergi ini sendiri dapat berupa sesak napas, gata-gatal dan timbulnya ruam merah.

Selain itu, efek samping yang mungkin muncul adalah, sakit tenggorokan, kejang dan yang paling mengerikan adalah, rutin mengunyah cengkeh bisa menimbulkan kerusakan ginjal dan hati. Inilah alasan kenapa pakar kesehatan menyarankan untuk mengunyah cengkeh di saat dibutuhkan saja.

Tidak hanya itu, usahakan cengkeh hanya berada di sekitar mulut saja. Dengan kata lain, hanya di kunyah-kunyah, kemudian di buang setelah cukup lembut. Sedangkan untuk anak-anak dan Ibu hamil, mengunyah cengkeh sangat dilarang karena bisa menimbulkan risiko yang cukup fatal.

Perlu diperhatikan juga, penggunaan cengkeh pun sebaiknya dilakukan tidak bersama dengan obat lainnya, walaupun obat yang kamu konsumsi termasuk berbahan herbal. So, mulai sekarang bijaklah dalam memanfaatkan cengkeh. Kamu boleh mengunyahnya, tapi jangan terlalu sering dan jangan sampai tertelan ya!

efek samping mengunyah cengkeh

Lifehacks!

komentar

0 komentar