Waspada, 5 Makanan Ini Ternyata Tinggi Gula

KEMBUNG MUAL | 03 MEI 2017
SHARE
3099

Saat bicara makanan tinggi gula, pikiran akan langsung tertuju kepada junk food, minuman bersoda, permen dan lainnya. Tapi percayalah, ternyata ada lho beberapa makanan yang tidak diduga justru memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Buat kamu yang berpantangan dengan gula, dilansir dalam menshealth, berikut merupakan beberapa makanan yang tidak diduga mengandung gula yang sangat tinggi.

Daging asap, ham, dan sosis

Siapa sangka daging asap, ham dan sosis masuk dalam kategori makanan tinggi gula. Padahal secara rasa, makanan ini tidak punya rasa manis.

Tapi disinilah keunikannya. Edwina Clark, RD, kepala nutrisi dan kesehatan di Yummly, menyebut jika ketiga makanan tersebut mengandung gula dalam bentuk dextrose atau maltodextrin. Selain itu, makanan ini pun kebanyakan mengandung pewarna buatan, pengawet dan lainnya.

Baca Juga: Jaga Daya Tahan Tubuh Si Kecil dengan Stimuno Syrup

Granola dan protein bar

Makanan yang diperkaya dengan serat, protein tinggi dan terbuat dari bahan-bahan ini kerap tebar pesona pada mereka yang ingin menjalankan gaya hidup sehat dengan makanan instan.

Tapi sayang, Tracy Lehst, MS, RD, pakar diet dari Manhattan, sudah mewanti-wanti agar kamu lebih berhati-hati dengan produk ini. Pasalnya, beberapa produk granola dan protein bar kerap mengandung gula yang cukup tinggi, bahkan kadarnya bisa setara dengan gula dalam manisan.

Yogurt

Banyak yang terkesima dengan segala manfaat yang diberikan yoghurt. Tapi ingat, yoghurt yang sering dibicarakan karena manfaatnya ini hanya berlaku untuk yoghurt tawar.

Sementara di pasaran sendiri, saat ini sudah banyak produk yoghurt yang dikemas dalam varian berbagai rasa dan dilengkapi dengan gula tambahan. Alhasil, kudapan menyegarkan ini pun akhirnya masuk dalam kategori makanan yang tidak diduga mengandung gula tinggi.

Jus

Nggak beda jauh dengan yoghurt, jus buah atau sayuran sangat identik dengan minuman sehat. Faktanya, dipasaran justru banyak produk jus kemasan yang sudah dicampur dengan pemanis buatan, bahan pengawet, penguat rasa hingga pewarna makanan.

Selain itu, banyak orang yang kerap membuat jus dengan tambahan gula atau krim. Alhasil, makanan ini pun kini masuk dalam kategori tinggi gula.

Selai kacang

Kenapa sih banyak orang yang suka selai kacang? Sederhana saja. Selain karena iming-iming sebagai makanan sehat, selai kacang yang tersebar di pasaran pun kebanyakan sudah diperkaya dengan tambahan gula, penguat rasa, hingga sirup tebu.

Karena itulah selai kacang pun akhirnya nongkrong dalam deretan makanan yang tidak tertuga mengandung tinggi gula. So, bijaklah sebelum memutuskan untuk membeli makanan instan!

Lifehacks!

komentar

1 komentar

  • metha loviana 22 Mei 2017

    ternyata selai kacang bisa juga ya