Obati Gangguan Pencernaan dengan Zingiber Officinale!

KEMBUNG MUAL | 27 FEBRUARI 2017
SHARE
99

Zingiber officinale atau dikenal juga dengan Jahe adalah tanaman rimpang yang sering dipakai untuk menjaga kesehatan sekaligus membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan manusia.

Saat dikonsumsi, Zingiber officinale akan menimbulkan rasa hangat di bagian perut dan rasa lega di tenggorokan sehingga sering dipakai untuk mengatasi berbagai masalah atau gangguan pencernaan. Zingiber officinale punya aroma yang khas dan cukup tajam karena diketahui mengandung minyak atsiri kurang lebih 3 persen.

Lalu, apa saja sebenarnya manfaat Zingiber officinale untuk kesehatan pencernaan? Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Bisa mengatasi perut kembung

Telat makan atau cuaca dingin seringkali menyebabkan perut kita terasa penuh gas dan kembung. Rasa kembung yang biasanya juga disertai dengan rasa mual di perut ini bisa diatasi dengan mengonsumsi air jahe hangat.

Zingiber officinale bisa mengatasi perut kembung karena diketahui memiliki sifat stimultan dan ekspektoran. Tidak hanya itu, jahe juga diketahui mengandung nutrisi lain, seperti fosfor, kalsium, zat besi, magnesium dan beberapa vitamin sehingga bisa membuat pencernaan lebih sehat sekaligus bisa mengontrol volume gas berlebih di dalam perut.

Baca Juga: Jangan Biarkan Batuk Ganggu Aktivitasmu, Segera Minum HerbaKOF!

Bisa menambah selera makan

Banyaknya bakteri di dalam organ pencernaan yang menyebabkan fungsi pencernaan menjadi terganggu merupakan salah satu penyebab menurunnya selera makan. Dengan mengonsumsi Zingiber officinale sebelum makan akan bisa meningkatkan nafsu makan karena jahe akan membunuh bakteri yang berada di saluran pencernaan.

Bisa membantu mengatasi diare

Seseorang yang terkena diare berisiko terkena dehidrasi. Untuk mengatasinya, minumlah jahe agar buang air besar berlebihan bisa diredakan sekaligus menenangkan organ pencernaan. Ingat, jangan sekali-kali meremehkan diare karena diare banyak membunuh bayi di negara berkembang.

Kandungan yang berperan aktif pada Zingiber officinale untuk mengatasi diare adalah Zingerone. Kandungan inilah yang akan melawan bakteri penyebab diare.

Banyak sekali bukan manfaat Zingiber officinale untuk kesehatan tubuh kita? Karena itulah ada baiknya untuk selalu menyediakan Zingiber officinale di dapur agar jika sewaktu-waktu ada anggota keluarga yang terkena masalah atau gangguan pencernaan bisa segera diobati dengan  Zingiber officinale.

jahe gangguan pencernaan zingiber officinale

Lifehacks!

komentar

0 komentar