Mau Hentikan Kebiasaan Makan “Junk Food”? Tidur yang Cukup!

KEMBUNG MUAL | 11 APRIL 2017
SHARE
112

Banyak orang yang gagal saat berupaya menjauhi junk food. Alasannya beragam, dari mulai karena rasa makanan ini yang sulit ditolak, hingga stress dan kebosanan yang kerap datang menyerang. Padahal, menjauhi junk food itu sangat mudah lho!

Dilansir dalam metro.co.uk, baru-baru ini sebuah penelitian di Inggris menemukan fakta yang menyebut, saat tubuh kelelahan karena kurang tidur, secara otomatis otakmu akan merespons dengan memunculkan keinginan mengonsumsi junk food.

Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan University California, Berkeley, tahun 2013 silam. Dalam penelitian tersebut disebutkan jika kurang tidur membuat saraf otak cenderung mendorong seseorang untuk memilih makanan cepat saji.

Kesimpulan ini didapat setelah tim peneliti melakukan percobaan kepada 23 orang anak muda yang berbadan sehat. Dalam studi tersebut, para relawan disodori sekitar 80 jenis gambar makanan dengan tingkat kalori rendah, sedang hingga tinggi.

Baca Juga: Batuk Membandel? Segera Minum HerbaKOF!

Selain itu, makanan yang ditawarkan ada yang masuk kategori makanan sehat dan disarankan untuk dikonsumsi, serta kelompok makanan nggak sehat yang harus dijauhi.

Hasilnya, ketika mereka memilih makanan-makanan tersebut, peserta dengan kondisi kurang tidur cenderung memilih makanan tinggi kolesterol dan masuk dalam kategori makanan yang nggak sehat. Sementara untuk mereka yang cukup tidur, mereka cenderung lebih menginginkan makanan sehat.

Dalam keterangannya, Matthew Walker, profesor sekaligus ketua tim peneliti dari UC Berkeley bidang psikologi dan neuroscience, menyebut jika hasil studi ini membuktikan bagaimana tidur yang cukup, berpengaruh kepada keputusan memilih makanan.

Karena hal inilah Matthew menyarankan kamu untuk terus berupaya memenuhi kebutuhan tidur, setidaknya 6-8 jam per hari. Idealnya, orang dewasa mulai tidur tidak lebih dari jam 10 malam, dan bangun sekitar jam 4-6 pagi.

Sementara itu, buat kamu yang terganggu dengan insomnia atau gangguan tidur lainnya, lakukan beberapa terapi mengatasi masalah ini, salah satunya dengan konsumsi susu hangat sebelum tidur, mandi dengan air hangat, atau melakukan relaksasi sebelum tidur.

Kalau memang dibutuhkan, kamu bisa mengonsumsi obat tidur. Tapi ingat, sebelum mengambil opsi ini, kamu wajib berkonsultasi dulu dengan dokter. Selamat mencoba!

home-featured junk food

Lifehacks!

komentar

0 komentar