Kayu Manis Baik untuk Kesehatan Lambung dan Usus

KEMBUNG MUAL | 19 APRIL 2017
SHARE
116

Cinnamon atau kayu manis dikenal sebagai salah satu rempah-rempah yang ampuh memberikan rasa manis yang cukup kuat. Uniknya, rasa manis dalam kayu manis ini tidak membuat gula darahmu melonjak. Justru sebaliknya, kayu manis sangat efektif mengendalikan gula darah.

Selain baik untuk diabetes, dilansir dalam The Huffington Post, sebuah penelitian terbaru menyebut jika kayu manis sangat efektif untuk mendinginkan suhu perut, yang pada gilirannya akan mampu memperbaiki kesehatan sistem pencernaan kita.

Dalam penelitian ini disebutkan jika konsumsi kayu manis dalam bentuk bubuk, terbukti efektif untuk menurunkan kadar karbon dioksida di perut. Hal inilah yang akan membuat suhu perut dan tubuh jadi lebih dingin, sekaligus akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Lebih lanjut lagi, Kourosh Kalantar-zadeh, pimpinan penelitian, menyebut jika kayu manis efektif untuk melindungi kesehatan usus secara keseluruhan.

Baca Juga: Rutin Minum Stimuno Kalau Tidak Mau Gampang Sakit!

Tidak hanya itu, konsumsi kayu manis pun dikenal efektif untuk menjaga kesehatan lambung, dan mengatasi masalah lambung secara perlahan. Imbasnya, efek inilah yang akan membuat proses penyerapan nutrisi makanan akan lebih maksimal dan stabil.

Dalam penelitian ini, tim peneliti menggunakan babi sebagai objek penelitian. Walaupun begitu, Kourosh sangat yakin jika efek yang sama akan terasa juga pada manusia. Tentu saja masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikannya.

Jangan berlebihan

Walaupun memiliki efek yang baik untuk tubuh, kamu tetap harus berhati-hati saat mengonsumsinya. Pasalnya, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam ACS Journal of Agricultural and Food Chemistry, menyebut jika kayu manis bisa menimbulkan bahaya bagi pemilik liver sensitif.

Adalah coumarin, sebuah komponen yang diklaim akan mampu merusak liver dan mengganggu paru-paru saat dikonsumsi secara berlebih. Tapi beruntung, komponen ini hanya ditemukan dalam tipe kayu manis tertentu, dan jumlahnya hanya sedikit.

Hal inilah yang membuat banyak pakar menyarankan kamu untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi rempah-rempah yang satu ini. Anjurannya, kamu nggak boleh mengonsumsi coumarin lebih dari 0.07 mg per kg berat badan per hari. So, berhati-hatilah dengan ini!

home-featured

Lifehacks!

komentar

0 komentar