Bunga Chamomile Bisa Redakan Perut Kembung?

KEMBUNG MUAL | 21 DESEMBER 2015
SHARE
351

Perut kembung merupakan sebuah kondisi perut yang akan terasa penuh dan begah, bukan karena makanan, tapi hal tersebut karena terjadi penumpukan gas dalam usus kecil. Kondisi ini bisa membuat area perut kamu terlihat bengkak dan rasanya tidak nyaman.

Dalam kondisi tertentu, kadang perut kembung ini disertai dengan datangnya masalah lain, seperti kram perut, diare, sendawa, sesak napas dan bahkan timbul nyeri punggung bagian bawah. Tidak hanya itu, peningkatan gas di usus ini pun terkadang akan menyebabkan sembelit, dan lainnya.

Lantas, bagaimana sih cara mengatasinya?

Seperti dilansir dalam everydayhealth.com, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah perut kembung, dari mulai pengobatan tradisional, sampai dengan pengobatan medis. Dan salah satu yang paling populer sekarang ini adalah, menggunakan bunga chamomile.

Seperti kita ketahui, bunga chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-spasmodik. Sifat yang cukup istimewa inilah yang ampuh untuk membantu menenangkan perut, sekaligus mengatasi masalah perut kembung dengan mengeluarkan gas berlebih di usus.

Cara memanfaatkan bunga chamomile sebagai obat perut kembung cukup mudah kok. Kamu bisa ambil bunga chamomile, kemudian jemur hingga kering, dan gunakan bagian yang kering ini sebagai teh, atau dicampur bersama bahan herbal lainnya, seperti kayu manis atau jahe.

Kalau kamu tidak punya waktu untuk luang untuk membuatnya, kamu bisa membeli produk jadi berupa teh bunga chamomile dalam kemasan siap seduh. Teh bunga chamomile sendiri bisa kamu sajikan dengan tambahan madu dan jeruk nipis.

Alternatif lainnya

Selain bunga chamomile, kamu bisa menggunakan makanan lainnya untuk meredakan kembung, seperti makanan dengan probiotik, peppermint atau teh mint dan jahe. Yang paling istimewa, menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi kerut kembung, dijamin nggak akan menghasilkan efek samping.

Jangan lupa, usahakan untuk menghindari berbagai macam pemicu timbulnya perut kembung ini, seperti menghindari makanan yang mengandung gas tinggi, tidak makan dengan terburu-buru, mengunyah makanan hingga lembut, dan berbagai hal lainnya. Selamat mencoba!

herbal bunga chamomile kembung mual perut kembung

Lifehacks!

komentar

0 komentar