Waspada, Keseringan Konsumsi Kentang Goreng Tingkatkan Risiko Kematian

DAYA TAHAN | 14 JULI 2017
SHARE
573

Bagi Anda yang hobi ngemil pastinya kentang goreng akan menjadi salah satu menu andalan yang lezat dan sangat mengenyangkan. Garing dan gurihnya kentang yang digoreng menjadi teman sejati untuk menonton TV, baca buku, atau sekedar santai. Apalagi jika dicocol ke dalam saus pedas atau mayonnaise. Wah, sudah pasti kegiatan ngemil akan lebih asyik dan seperti tidak ingin berhenti ya! Dibalik lezatnya sepiring kentang goreng hangat ternyata ada hal mengerikan lho. Makanan yang satu ini ternyata bisa memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan jika terlalu sering dikonsumsi. Sebenarnya apa sih yang salah dan berbahaya dari kentang goreng?

Meningkatkan Kematian

Tahukah Anda kalau ternyata keseringan mengkonsumsi kentang goreng bisa memicu resiko kematian? Fakta ini sendiri sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi dari Amerika Serikat. Mereka menemukan kalau lebih dari 200  dari 4.400 orang yang mengkonsumsi kentang telah meninggal dunia. Setelah diteliti ternyata benar jika kentang goreng lah yang memicu terjadinya kematian tersebut.

Perlu Anda tau jika sepiring kentang goreng lezat mengandung banyak sekali kandungan yang berbahaya bagi tubuh. Makanan ini dinilai tidak sehat karena mengandung lemak yang berasal dari minyak goreng. Jika yang dipakai minyak yang masih baru, mungkin kentang tersebut masih digolongkan sehat. Namun, bagaimana jika yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak bekas? Tentu saja lemak yang terkandung di dalamnya sangat kotor dan tidak sehat sama sekali sehingga bisa memicu obesitas, kolesterol, dan serangan jantung.

Konsumsi Kentang yang Benar

Meskipun kentang goreng bisa meningkatkan resiko kematian lebih cepat, bukan berarti bahan makanan yang satu ini tidak bermanfaat bagi kesehatan. Kentang mengandung karbohidrat yang lebih baik dan ramah jika dibandingkan dengan nasi. Selain itu terdapat juga zat penting lainnya seperti potassium, vitamin B6, vitamin C, tiber, magnesium, dan sebagainya. Kentang juga bermanfaat untuk mencegah kanker, menjaga kesehatan tulang, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

Nah, agar Anda tidak kehilangan sejuta manfaat baik dari kentang maka perhatikan juga cara pengolahannya. Jangan terlalu sering makan kentang goreng karena terlalu banyak minyak dan lemak di dalamnya. Cobalah untuk merebus atau memanggang kentang agar jauh lebih sehat dan nutrisi di dalamnya tidak hilang sia-sia.

Ternyata selain membuat tubuh jadi gemuk, kentang goreng juga meningkatkan resiko kematian lebih tinggi. Hal tersebut karena adanya kandungan lemak pada minyak yang dipakai untuk menggorengnya. Itulah alasan mengapa kentang goreng dianggap junk food atau makanan sampah karena memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

kentang

Lifehacks!

komentar

0 komentar