Tips Mengukur Makanan Saat Menjalani Program Diet

DAYA TAHAN | 16 AGUSTUS 2017
SHARE
53

Menerapkkan suatu program diet adalah salah satu cara jitu yang sering dipilih oleh sebagian besar orang untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan. Diet yang tepat seperti kunci utama mendapatkan bentuk tubuh ideal dan sehat. Pada umumnya berdiet adalah bagaimana seseorang dapat mengontrol nafsu makan dan memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Tak heran jika ada orang yang hanya sedikit makan nasi, hanya makan sayur dan buah, atau menghindari produk olahan daging.

Diet memang menjadi sangat sulit karena Anda harus membatasi diri untuk makan apa secara sembarangan. Saking sulitnya, banyak juga orang yang gagal dan tak kuat menahan godaan makanan lezat. Masalah lain juga muncul ketika mereka kurang mengerti cara mengukur atau membatasi asupan makanan ketika sedang menjalani program diet.

Pentingnya Jaga Pola Makan

Ketika Anda sedang melakukan program diet maka harus menjaga pola makan setiap hari. Jangan sampai pengorbanan selama ini menjadi sia-sia karena tidak mampu mengontol napsu makan dengan baik. Sebenarnya diet yang tepat bukanlah menekan serta mengurangi porsi makan secara drastis.

Melainkan membatasinya agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda tak bisa begitu saja mengambil aneka jenis makanan sesuka hati melainkan diatur sesuai dengan porsi yang tepat. Mengukur jumlah asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidaklah sesulit itu. Tak perlu harus menghitung tiap jumlah kalori pada tiap jenis makanan.

Akan tetapi Anda cukup memperhatikan porsinya saja agar semuanya seimbang. Tujuannya adalah agar proses metabolisme menjadi lancar dan tidak meninggalkan penumpukan zat sisa seperti lemak dan kalori.

Tips Mengukur Makanan

Mengukur porsi makanan saat berdiet menjadi salah satu masalah sulit bagi kebanyakan orang. Padahal hal yang satu ini bisa dilakukan dengan mudah. Yang harus Anda lakukan hanya mengira-kira seberapa banyak porsi dari tiap jenis makanan saja. Misalnya untuk asupan karbohidrat bisa menggunakan bahan selain nasi seperti ubi, jagung, atau kentang.

Kemudian protein bisa dikonsumsi dalam jumlah agak banyak karena penting untuk pembentukan massa otot. Anda dapat memakan daging sapi atau ayam tanpa lemak. Untuk sayuran dan buah-buahan usahakan agar jumlahnya lebih banyak agar tubuh mendapatkan serat yang cukup.

Saat melakukan program diet, Anda tak hanya harus mengukur dan mengontrol porsi makanan saja. Selain itu juga rajin olahraga secara teratur agar lemak di dalam tubuh terbakar dan tetap merasa fit setiap saat.

diet

Lifehacks!

komentar

0 komentar