Telur Mentah Banyak Nutrisinya, Benarkah?

DAYA TAHAN | 09 AGUSTUS 2017
SHARE
546

Apakah Anda pernah makan telur mentah secara langsung? Kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh beberapa orang. Ada yang percaya bahwa kebiasaan ini memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Bahkan makan telur mentah dipercaya lebih sehat daripada makan telur secara langsung. Telur mentah dianggap memiliki lebih banyak nutrisi dan gizi dibandingkan dengan telur matang. Benarkah pendapat ini?

Kandungan Di Dalam Telur Mentah

Mengkonsumsi telur mentah dianggap jauh lebih sehat dan bergizi karena dianggap kadar kolesterol di dalamnya belum teroksidasi akibat pemasakan. Telur mentah ternyata mengandung avidin, merupakan protein yang bisa mencegah terjadinya penyerapan beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan saat Anda memasak telur maka proses pemasakan akan menonaktifkan zat avidin tersebut. Dengan dinonaktifkannya zat itu, maka nutrisi yang terkandung di dalam tubuh akan terserap secara sempurna.

Proses oksidasi saat pemasakan telur sebenarnya tak terlalu signifikan. Bahkan akan bisa berkurang saat telur dimasak di suhu yang rendah. Tentu saja hal ini aman bagi penderita kolesterol. Di dalam telur mentah juga terdapat protein albumin sejenis protein yang susah dan sulit dicerna di dalam usus. Hal inilah yang berdampak terhada kondisi seseorang setelah mengkonsumsi telur mentah.

Seseorang akan merasa jauh lebih bugar dan bertenaga karena mengkonsumsi telur mentah. Sebenarnya efek ini diakibatkan karena lamanya proses pencernaan telur mentah di dalam tubuh. Bila protein ini dicerna terlalu lama, maka bisa terjadi alergi dan keracunan pada kulit Anda. Jadi, berhati – hatilah.

Proses Memasak Menghancurkan Sejumlah Vitamin

Proses memasak telur mentah menjadi telur matang dianggap menghancurkan beberapa vitamin. Hal ini benar adanya. Tetapi vitamin dan mineral yang dihancurkan hanya sejumlah kecil saja. Kandungan beberapa vitamin seperti vitamin B, vitamin E, vitamin B6, antioksidan, lutein, dan kolin jauh lebih tinggi di dalam telur mentah. Walaupun mampu menghancurkan kandungan vitamin saat memasakan telur mentah, bukan berarti mengkonsumsi telur mentah jauh lebih bermanfaat. Telur mentah memang jauh lebih bernutrisi. Tetapi alangkah baiknya Anda mengkonsumsi telur matang dengan cara yang tepat agar bakteri yang terkandung di dalam telur bisa mati karena proses pemasakan.

telur mentah

Lifehacks!

komentar

1 komentar

  • 02 Oktober 2017

    ternyata gitu ya